Kemenag Umumkan Embarkasi dan Jadwal Berangkat Jemaah Haji Kloter Pertama, Ada 5 Embarkasi

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Tinggal menghitung hari, kloter pertama jemaah haji Indonesia bakal bertolak ke Arab Saudi.

    Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan total ada lima embarkasi jemaah haji yang akan menjadi kloter pertama yang diberangkatkan pada 4 Juni mendatang.

    Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab, Minggu (29/5/2022) menjelaskan kelima embarkasi tersebut merupakan Solo, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Surabaya dan Padang.

    Saiful menjelaskan nantinya Embarkasi Solo (SOC) akan jadi yang pertama diberangkatkan menuju Arab Saudi pada 4 Juni 2022 pukul 00.30 WIB.

    Kemudian dilanjutkan oleh embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) pukul 06.45 WIB dan embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) pada pukul 07.25 WIB.

    Selanjutnya, Kemenag akan melepas embarkasi Surabaya (SUB) pada pukul 08.30 WIB dan embarkasi Padang (PDG) pada pukul 12.55 WIB.

    Saiful menjelaskan pemberangkatan gelombang pertama ini nantinya akan berlangsung hingga pada 18 Juni mendatang.

    Sebelum berangkat, para calon jemaah juga akan ditempatkan di asrama haji terhitung mulai 3 Juni 2022.

    Saiful mengatakan saat ini pihaknya masih menerapkan kebijakan lama bagi para calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun ini.

    Ia menjelaskan proses clearance dari Imigrasi akan tetap dilakukan di asrama haji sebelum para jemaah keluar menuju bandara.

    Lewat proses ini, para jemaah haji nantinya tidak perlu lagi melakukan pengecekan di masing-masing bandara pemberangkatan embarkasinya.

    “Jadi di asrama haji itu nanti koper diperiksa, ditimbang, dipisahkan dan langsung diberikan saat di hotel di Mekkah atau Madinah. Jadi nanti jamaah mau keluar asrama haji sudah clearance dari imigrasi, tinggal naik bis ke pesawat,” tuturnya.

    Kendati demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi embarkasi yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Baca Juga :   7 Remaja Tewas Mengapung di Kali Bekasi, Polisi Usut Penyebab dan Proses 15 Tersangka

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI