Kemenkes Minta Perketat Pintu Masuk Bandara dan Pelabuhan Setelah Meninggalnya 3 Anak Akibat Hepatitis Misterius


    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Pascaditemukannya tiga anak meninggal dunia akibat hepatitis misterius di RS Cipto Mangun kusumo Jakarta, Kementerian Kesehatan langsung mengambil langkah.

    Kemenkes meminta dilakukan peningkatan pengawasan di pintu-pintu masuk ke Indonesia, seperti pelabuhan dan bandara.

    Kewaspadaan hepatitis akut misterius pada anak di atas tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

    SE kewaspadaan hepatitis ini ditandatangani Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu tertanggal 27 April 2022.

    Sesuai SE yang diperoleh Health Liputan6.com pada Senin, 2 Mei 2022, bunyi tindak lanjut pengawasan terhadap hepatitis misterius, yaitu:

    Meminta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk:

    Meningkatkan pengawasan terhadap penumpang dan kru, alat angkut, barang bawaan, vektor, dan lingkungan pelabuhan dan bandara, terutama yang berasal dari negara terjangkit saat ini.

    Meningkatkan upaya promosi kesehatan bagi masyarakat di sekitar wilayah pintu masuk negara (bandara, pelabuhan, dan pos lintas batas darat negara).

    Mengkoordinasikan pelayanan kesehatan dengan Dinas Kesehatan dan rumah sakit setempat.

    Berkoordinasi dengan Otoritas Imigrasi dalam penelusuran data ketika ditemukan kasus dari warga negara asing.

    Berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan dalam hal mendeteksi penumpang dengan sindrom jaundice.

    Segera memberikan notifikasi apabila terjadi peningkatan kasus sindrom jaundice akut maupun menemukan kasus sesuai definisi operasional kepada Dirjen P2P Kemenkes melalui Public Health Emergency Operation Centre (PHEOC) melalui Telp./ WhatsApp0877-7759-1097 atau e-mail: poskoklb@yahoo.com, dan ditembuskan kepada Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. (rls)

    Baca Juga :   Remaja Tewas Jatuh ke Selokan Setelah Konsumsi Kecubung Dicampur Mi Instan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI