Kapolda Kalsel Ungkap 8 Kali Dentuman Sebelum Alfamart Gambut Ambruk, Diduga Patahan Konstruksi


    WARTABANJAR.COM, GAMBUT – Insiden ambruknya bangunan ruko yang ditempati rite Alfamart dan sebuah toko sparepart di Jalan A Yani Km 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, mendapat atensi dari Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto.

    Kapolda turun langsung ke lokasi musibah untuk melihat jalannya evakuasi dan pencarian korban di reruntuhan, Senin (18/4/2022) malam sekitar pukul 22.30 wita.

    Kapolda mengungkapkan, diperkirakan runtuhnya gedung tersebut salah satunya karena faktor umur yang sudah tua puluhan tahun.

    “Gedung ini umurnya sekitar 20 tahun dan sering terendam air gambut, kemungkinan akibat faktor tersebut secara kontruksi sudah tidak sesuai dengan awal dibangun,” ucap Kapolda Kalsel didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Mochamad Rifai.

    Rikwanto menyebutkan, berdasarkan keterangan saksi, sempat terdengar suara dentuman dari bangunan dan kemudian runtuh.

    “Ada tanda-tanda seperti suara dentuman sebanyak 8 kali yang diduga adalah akibat patahan dari kontruksi yang gagal karena faktor cuaca atau umur,” jelasnya.

    Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifai menambahkan, hingga sekarang berdasarkan data sementara, diduga ada sebanyak 16 korban yang terdiri dari karyawan dan pengunjung.

    Di antaranya ada 8 orang yang selamat, 3 meninggal dunia, dan ada 5 yang masih dalam pencarian. (tim)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   PAN Banjarbaru Siapkan Amunisi Menangkan Hj. Erna Lisa Halaby-Wartono, Sasar 2 Kecamatan ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI