Manajemen RSJ Sambang Lihum Minta Dukungan DPRD Kalsel Terkait Kesehatan Jiwa

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Manajemen Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum meminta dukungan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dalam upaya meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat.

    Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin SE MAP, saat menerima audensi dari perwakilan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Ruang Rapat Gatriwara Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, Rabu (13/4/2022).

    “Audiensi yang dilakukan oleh Perwakilan BLUD RSJ Sambang Lihum tersebut bertujuan untuk meminta dukungan dari DPRD Provinsi Kalsel dalam mewujudkan program terkait kesehatan jiwa yang secara umum,” jelas Syarifuddin.

    Pria yang akrab disapa Bang Dhin ini mengatakan, program tersebut bertujuan untuk menjamin setiap orang dapat hidup sejahtera lahir dan batin serta memperoleh pelayanan kesehatan dengan penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

    Dalam hal ini Bang Dhin mengutarakan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya kesehatan jiwa dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

    “Dibutuhkan kerja sama lintas sektor, terutama juga Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Koperasi serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),untuk memberikan pelatihan kepada orang dalam gangguan jiwa (ODGJ)agar mereka bisa kembali kekeluarganya atau masyarakat sehingga hidupnya bisa bermanfaat,” tutur politisi PDIP ini.

    Dengan adanya audiensi ini Bang Dhin mendukung apa yang menjadi inovasi dari RSJ Sambang Lihum dan ini juga akan menjadi perhatian kita bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. (edj)

    Baca Juga :   Korban Gantung Diri di Pekapuran Raya Tak Terlihat Dua Hari

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI