Paman Birin Komitmen Dukung Kesetaraan Gender, Jadi Prioritas Pembangunan

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – “Saya beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, berkomitmen agar pengarus utamaan gender menjadi prioritas dalam pembangunan kalsel,” ucap Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat menghadiri pertemuan W20 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (23/3/2022).

    Lebih lanjut dia mengatakan, tidak hanya berkomitmen untuk menuangkan dalam dokumen perencanaan, tetapi juga telah melakukan berbagai program yang mendukung perempuan agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

    Pria yang akrab disapa Paman Birin itu mengatakan, komitmen untuk mengedepankan penyertaraan gender di Kalsel, semakin diperkuat dengan dipercayakannya Kalsel  sebagai penyelenggara W20  di Banjarmasin.

    “Melalui kegiatan ini kami menyambut semua delegasi W20 untuk berdiskusi. Agar Indonesia bersama dunia dapat pulih bersama dan lebih menguatkan respon kesehatan dengan setara,” katanya.

    Rapat pleno ketiga yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan ini, diharapkan akan memberikan masukan penting dalam pengambilan keputusan saat pelaksanaan KTT (G20) di Bali nanti. Karena untuk pulih bersama, tidak boleh lagi ada kesenjangan gender dan ketidaksetaraan akses kesehatan.

    Menurut Paman Birin, perempuan Banua berperan besar dalam mendukung perekonomian keluarga, mulai dari bertani, menjadi perajin anyaman, menyadap karet, pedagang di pasar terapung, hingga bekerja di sektor swasta dan pemerintah.

    Sejak dulu, kultur masyarakat kalsel memberikan ruang bagi perempuan, untuk berperan di berbagai sektor kehidupan.

    Baca Juga :   KPU Balangan Tegaskan Aturan Ketat Terkait Pemasangan APK Jelang Pilkada 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI