BMKG: Hari ini Ada 26 Kali Gempa Bumi Susulan Magnitudo 5,7 Usai Gempa Banten 14 Januari 2022

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Kemarin, Jumat (14/1/2022), gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Pulau Jawa dan ujung Pulau Sumatera (Lampung) pukul 16.05 WIB.

    Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

    Hari ini, Sabtu (15/1/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan analisa gempa tersebut.

    Menurut BMKG, hari ini terjadi gempa susulan pukul 03:34:28 WIB, wilayah SUMUR-BANTEN dan sekitarnya yang kembali diguncang gempabumi tektonik.

    Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi susulan dari Gempabumi Selatan Banten tanggal 14 Januari 2022 pukul 16:05 WIB.

    “Gempa ini berkekuatan M=4,7 dengan episenter terletak pada koordinat 7.01 LS dan 105.28 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 km Barat Daya SUMUR-BANTEN pada kedalaman 12 kilometer,” tulis BMKG di rilis tersebut di media sosial mereka.

    Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

    Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi.

    Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

    Dampak Gempabumi:

    Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Jiput dan Munjul, Pandeglang dengan Skala Intensitas II MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*.

    Gempabumi Susulan:

    Hingga hari Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 04.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 26 (dua puluh enam) aktivitas gempabumi susulan (aftershock), dengan magnitudo terbesar M5,7.

    Rekomendasi:

    Baca Juga :   Polri Bentuk Direktorat Khusus PPA-PPO Tangani Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI