Banjir Masih Merendam Pasar Agrobisnis, Pesantren Nurul Muhibbin dan Kecamatan Barabai Selatan, Hulu Sungai Tengah

    “Saya ingin melihat langsung dan memastikan warga yang terdampak dapat tertangani dengan baik dan melihat langsung dimana titik lokasi tanah longsor agar cepat ditangani,” ungkap Bupati

    Saat meninjau lokasi, Bupat juga ingin mengetahui penyebab agar banjir tersebut tidak terulang. “Penyebab utamanya karena terjadi sedimentasi di Sungai desa Datar Ajab (Dusun Rantau Parupuk dan Mangkiling), sehingga saat diguyur hujan dengan debit air yang tinggi, menyebabkan luapan air ke perkampungan,” kata Bupati

    Di lokasi, Bupati HST H Aulia Oktafiandi memerintahkan untuk segera melakukan pengerukan di sepanjang Sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir. “Selain itu, kita juga akan memastikan penyebabnya di hulu, sehingga tidak terjadi proses sedimentasi lagi yang menyebabkan banjir,” terang Bupati.

    “Segera kita perintahkan Dinas PUPR untuk melakukan perbaikan jalan. Sembari itu, juga dilakukan normalisasi sungai,” katanya.

    “Tolong nanti Pj Pembakal Datar Ajab dan Aparat, kawal alat berat yang akan datang nantinya untuk normalisasi sungai dan perbaikan jalan, agar diarahkan,”tutup Bupati

    Masni, salah satu warga setempat, menceritakan banjir yang menerjang sudah merusak dan menghancurkan satu jembatan di Datar Ajab.

    “Karena itu satu-satunya akses jalan ke kampung sebelah dan ke Barabai kami terpaksa harus seberangi sungai dengan kendaraan tapi bila hujan turun maka aliran sungai akan deras dan dalam, sehingga sungai tidak bisa di lalui, menunggu air sungai surut,” kata Masni.

    Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Sahidin menjelaskan bahwa curah hujan saat itu di desa Datar Ajab Tergolong tinggi, ditambah dengan sedimentasi di sungai, akhirnya meluap, pihaknya sesuai perintah Bapak Bupati akan segera melakukan perbaikan jalan yang terkena longsor dan akan melakukan normalisasi sungai.

    Baca Juga :   KPU Balangan Tegaskan Aturan Ketat Terkait Pemasangan APK Jelang Pilkada 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI