Percepatan Hilirisasi Batu Bara Memberi Peluang Inovasi Bagi Industri dan Kemakmuran Bagi Negeri

    Masih menurut Amanlison, mendukung hilirisasi industri batu bara, Bank Indonesia berpartisipasi aktif untuk ikut mendorong penawaran investasi ke investor dalam dan luar negeri melalui pembentukan Regional Investor Relation Unit atau RIRU bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

    RIRU Kaltim, sebagai contoh, telah berpartisipasi dalam Indonesia Investment Forum London dengan membawa Proyek Toll Bridge Balikpapan dan Proyek Waste Management Kota Balikpapan. Proyek kedua telah sampai pada tahap business matching dengan Plastic Energy UK, Global Indonesia Professionals’ association (GIPA), dan Urban Spanyol.

    Tidak ketinggalan, Bank Indonesia bersama pemerintah provinsi Kalimantan Selatan membentuk tim Investment, Trade, and Tourism Relation Unit Kalsel, sebagai bagian dari implementasi RIRU Intan Kalsel, yang akan melakukan kurasi terhadap potensi investasi di Kalsel.

    “Kami melihat bahwa prospek hilirisasi batu bara melalui gasifikasi sangat besar, sejalan dengan tren transisi energi global yang akan memberikan konsekuensi terhadap konsumsi batu bara dan lebih lanjut akan mempengaruhi kinerja ekspor karena memberikan nilai tambah ekspor yang tinggi,” kata Amanlison Sembiring.

    Lanjutnya, gasifikasi batu bara akan menjadi energi alternatif masa depan sehingga upaya ini juga bertujuan untuk mengurangi impor bahan bakar, meningkatkan ketahanan energi, dan mengurangi emisi. Selain itu juga memberikan forward linkage terhadap industri petrokimia yang memegang peranan sangat penting bagi pengembangan industri di hilirnya.

    “Hilirisasi batu bara akan memberi peluang inovasi bagi industri dan membawa kemakmuran bagi negeri. Percepatan hilirisasi batu bara terus dilakukan oleh Pemerintah, melalui insentif fiskal maupun nonfiskal,” jelasnya.

    Baca Juga :   Nasabah Bank Kalsel, Robainah Raih Undian Tabungan Simpeda Rp 50 Juta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI