Kombes Pol Maesa Soegriwo Gelorakan Tertib Lalu Lintas di Kalsel Dimulai dari Jalan Permukiman


    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan terus menggelorakan Kampung Tertib Lalu Lintas dalam upaya menanamkan disiplin berlalu lintas dari lingkup terkecil yaitu desa ataupun kawasan perumahan penduduk di perkotaan.

    “Diharapkan edukasi tertib lalu lintas menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat dalam pergaulan di lingkungan terkecil,” terang Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo, di Banjarmasin, Minggu.

    Dijelaskan dia, ketika pengendara keluar rumah maka jalan di desa atau komplekS perumahan merupakan akses lalu lintas pertama yang dilewati.

    Jika sudah tertib sejak awal memulai perjalanan, maka diharapkan si pengendara tetap menjaga sikap disiplinnya ketika berada di jalan raya.

    Pada Kampung Tertib Lalu Lintas juga, dilengkapi bermacam rambu lalu lintas berikut penjelasan atau perintah yang wajib dilakukan oleh setiap pengguna jalan saat berkendara.

    “Kalau sudah terbangun suasana edukasi di lingkungan terkecil ini maka secara otomatis anak-anak juga mendapatkan pembelajaran sejak dini dan mudah bagi mereka mencerna sehingga tertanam hingga kelak dewasa,” jelas Maesa.

    Ditegaskan Dirlantas pula, setiap orang bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas selaku agen perubahan yang menularkan kepada masyarakat lainnya.

    Melalui Kampung Tertib Lalu Lintas itulah, diharapkan lahir banyak pelopor keselamatan di jalan raya dan pada akhirnya menekan angka pelanggaran dan fatalitas akibat kecelakaan.

    “Ingat, kecelakaan selalu diawali pelanggaran lalu lintas. Saatnya tertib demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, bukan karena takut ditilang polisi. Tumbuhnya kesadaran inilah yang harus terus ditanamkan,” kata Maesa.

    Baca Juga :   Prihatin dengan Anak Korban Kekerasan, Kak Seto Kunjungi Unit PPA Polres HSU

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI