Bendungan Tapin Berhasil Mencegah Banjir, ini Kata Bupati Tapin

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Di tengah banjir bandang melanda sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, Bendungan Tapin berhasil mencegah banjir.

    Hal itu sangat disyukuri Bupati Tapin, HM Arifin Arpan.

    Bendungan tersebut berada di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapi mampu mengontrol debit air di saat Kalsel mengalami intensitas curah hujan tinggi sehingga tidak terjadi banjir.

    “Alhamdulillah, Bendungan Tapin proyek strategis nasional Indonesia berfungsi dengan baik, terima kasih Priseden Joko Widodo,” ujarnya, Kamis (21/1/2021) seperti dikutip dari Antaranews Kalsel.

    Sebelum di bendungnya hulu Sungai Tapin, khususnya Kecamatan Bungur dan Tapin Utara mengalami banjir 1-3 kali meredam rumah-rumah warga setiap tahun.

    Meski begitu, Bupati berpesan untuk tetap siaga meskipun ada bendungan Tapin.

    Tidak satu aliran dengan sungai Tapin, khusus di Kelurahan Raya Belati, Kecamatan Binuang terdampak banjir hingga harus mengungsikan banyak orang.

    Menurutnya, ke depannya akan direncanakan cara mengatasinya.

    “Pasca intensitas hujan di Kalsel tinggi, menangkal beberapa kabar palsu atau hoax yang menyatakan bendungan akan jebol, sekarang kami pastikan bendungan masih aman,” ujar penanggung jawab pelaksanaan Bendungan Tapin, Amir Rahman. (brs/ant)

    Editor: Yayu Fathilal

    Baca Juga :   Kebakaran di Gang Bina Warga Pelambuan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI