Viral Pencurian Motor Gunakan Mobil Freed di Karang Anyar 1 Banjarbaru, Pelaku Dilumpuhkan dengan Pelor

WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Sebuah video ramai diperbincangkan terkait aksi pencurian sepeda motor di kawasan Karang Anyar 1, Kota Banjarbaru.

Aksi pencurian itu sempat terekam CCTV.

Aksi pencurian ini menarik perhatian karena dilakukan tidak biasa.

Pencuri menggunakan mobil jenis Honda Freed untuk membawa motor yang dicuri.

Video pencurian motor menggunakan mobil Freed ini kemudian viral di medsos yang terjadi pada hari Kamis 7 Oktober 2021.

Setelah video itu viral, pelaku pencurian sepeda motor merk Honda Vario warna orange DA 6586 PAC dengan memasukkan ke dalam sebuah mobil Freed warna hitam yang terjadi hari Kamis 7 Oktober 2021 sekitar pukul 06.00 Wita di Jl.Karang Anyar 1, Kelurahan Loktabat Utara, tepatnya di depan Maliki Loundry, nerhasil diungkap.

Kapolsek Banjarbaru Kota, AKP Shofiyah SE MSi SIK, di hadapan awak media menuturkan setelah melakukan penyelidikan hampir 10 hari akhirnya Unit Buser Polsek Banjarbaru Kota (Macan Kota) dipimpin langsung Kanit Reskrim AKP Yuli Tetro, SH berhasil membekuk pelaku inisial JN (42 tahun).

JN adalah warga Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Ia ditangkap pada hari Minggu 17 Oktober 2021 sekitar pukul 22.00 Wita di Jalan Mistar Cokrokusumo, Kelurahan Sungai Besar setelah petugas mengikuti pelaku sejak di wilayah Kelurahan Loktabat Utara.

Saat dilakukan penangkapan pelaku yang terkenal licin tersebut melakukan perlawanan dan sempat bergerumul dengan seorang petugas sempat diberikan tembakan peringatan.

“Namun tidak diindahkan pelaku akhirnya dengan tindakan tegas terukur petugas memberikan tembakan ke kaki kanan dan kiri pelaku untuk melumpuhkan pelaku,akhirnya pelaku berhasil diamankan oleh petugas,” ucap AKP Shofiyah.

AKP Shofiyah menambahkan, pencurian berawal saat pelaku dengan menggunakan mobil Freed warna hitam melintas di depan toko maliki laundry dan melihat sepeda motor milik korban di parkir di depan toko tersebut.

Baca Juga :   Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banjar Baru 23 Persen, Bupati Minta Percepatan

“Selanjutnya pelaku meminta bantuan seorang pria untuk membantu mengangkat sepeda motor tersebut ke dalam mobil,” jelas Kapolsek.

Ternyata yang diminta bantuan itu adalan seorang pemulung yang kebetulan melintas di tempat itu.

Kepada pemulung itu, pelaku mengaku kunci kontaknya hilang sehingga mau di bawa ke tempat servis kunci motor.

Tidak curiga, pemulung tersebut mau ikut membantu dan diberikan upah Rp 15.000 (lima belas ribu rupiah) dan tidak mengetahui bahwa sepeda motor tersebut merupakan barang curian,selanjutnya sepeda motor curian tersebut di bawa oleh pelaku.

Sedangkan sarana yang digunakan yaitu 1 unit Honda Freed warna ternyata merupakan mobil curian oleh pelaku di wilayah Kelurahan Loktabat Utara.

“Ada sekitar 4 TKP Pencurian yang dilakukan pelaku baik di Banjarbaru maupun Martapura, dan berdasarkan pengakuan pelaku barang curiannya digunakan kebutuhan sehari-hari serta modal untuk menikah,” ujar Kapolsek.
Pelaku beserta barang bukti diamankan ke Polsek Banjarbaru Kota guna proses penyidikan lebih lanjut dan pelaku dikenakan pasal 362 tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 Tahun penjara.

Kasi Humas Aipda A Supriyanto SH menambahkan, kepada masyarakat diimbau untuk selalu waspada apabila memarkir sepeda motor untuk tetap menambah kunci pengaman,dan berterima kasih juga kepada masyarakat yang menambah kamera pengawas (CCTV) di tempat usaha maupun tempat tinggalnya. (dyn)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI