Urai Kemacetan di Kayutangi Jalan Adhyaksa Jadi Dua Arah, Uji Coba Selama Sepekan

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Dalam upaya mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Jl Brigjen H Hasan Basri, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin melakukan uji coba membuka kembali Jl Adhyaksa menjadi jalur dua arah, yang sebelumnya sempat beroperasi hanya satu arah.

Dari pantauan wartabanjar.com di lapangan, terlihat Jl Adhyaksa sudah beroperasi dengan akses dua arah.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Begjo, mengatakan untuk sementara Jl Adhyaksa dalam masa uji coba dibuka untuk dua arah.

“Uji coba ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di daerah bundaran Kayutangi,” ujar Slamet, kepada wartabanjar.com, Senin (11/10/2021) siang.

Kabid Lalin juga mengungkapkan, kemacetan tersebut, kebanyakan diakibatkan oleh antusias warga untuk berkunjung ke Jembatan Sei Alalak 1.

“Selain antusias untuk mengunjungi Jembatan Alalak yang baru, kemacetan juga disebabkan oleh warga yang melintas untuk pulang kerja,” ungkap Slamet Begjo.

Dia melanjutkan, “Karena yang paling sering macet itu pada sore hari hingga malam, dan juga weekend.”

Uji coba tersebut, akan berlangsung selama seminggu, yang mana sudah dimulai sejak Sabtu (9/10) malam lalu.

Kabid Lalin Dishub Kota Banjarmasin juga menuturkan, pihaknya juga akan melakukan pengawasan di bundaran Kayutangi dan juga lampu merah Simpang Empat Cemara, agar kondisi lalu lintas bisa berjalan lancar.

“Selain untuk mengatur lalu lintas bisa lebih lancar, juga untuk memantau perkembangan kondisi lalu lintas dikawasan tersebut, apakah bisa mengurangi kemacetan dengan dibukanya Jl Adhyaksa menjadi dua arah,” tutur Slamet.

Baca Juga :   Pemprov Kalsel Kembali Kirim Bantuan ke Kalteng, Paman Birin Lepas Keberangkatan

“Jadi untuk keberlanjutan dibuka atau tidaknya Jl Adhyaksa ke depannya, kita melihat hasil dari uji coba selama seminggu ini dlu,” lanjut Slamet.

Baca Juga :   Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Tanah Laut Bakal Segera Terwujud

Kabid juga mengatakan uji coba ini hanya berlaku untuk Jl. Adhiyaksa saja, sementara untuk Jl. Cemara Raya masih tetap diterapkan jalur satu arah.

“Untuk Jl Cemara Raya masih tetap menggunakan jalur satu arah,” pungkas Slamet. (qyu)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI