UPT Damkar Banjar Tingkatkan Keterampilan dan Wawasan Mengevakuasi Ular

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Anggota UPT Damkar Banjar meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam menaklukan hewan jenis ular. Lima orang mengikuti pelatihan yang digelar Yayasan Sioux Ular Indonesia, Sabtu (10/10/2021).

Kepala UPT Damkar Banjar, Gusti Yudhi mengatakan, tujuan mengikuti pelatiham tersebut agar masyarakat lebih yakin lagi bahwa petugas yang dilapangan sudah bersertifikat. Kegiatan digelar di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

“Kegiatan ini tentunya menjadi momentum yang sangat baik karena kegiatan dilaksanakan di Kalsel. Selama ini kam sangat sering melakukan evakuasi berbagai jenis ular dan hewan berbahaya lainnya yang memasuki rumah warga,” kata Gusti Yudhi kepada wartabanjar.com.

Menurutnya, walau anggota UPT Damkar Banjar sudah sering mengevakuasi hewan berbahaya tetap saja harus menambah wawasan. Salah satunya mengikuti pelatiham penanganan ular ini, maka legalitas dan kompetensi anggota menjadi terakui dengan dibuktikan melalui sertifkat kompetensi dari penyelenggara, Yayasan Sioux Ular Indonesia.

Seperti pada Kamis (7/10/2021) lalu, pihaknya mengevakuasi ular phyton di SMPN 1 Martapura pukul 07.00 Wita. Mengerahkan lima anggota UPT Damkar Banjar dan melakukan evakuasi.

Setelah menerima informasi, Petugas langsung ke lokasi alamat tersebut untuk melakukan evakuasi terhadap ular tersebut,dan langsung dilepas liarkan jauh dari permukiman penduduk. (Has)

Editor : Hasby

Baca Juga :   LPTQ Kabupaten Banjar Jaring Kader Muda

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI