Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Tanah Bumbu Dorong Warga Desa BAB di Jamban Sehat

WARTABANJAR.COM, BATULICIN – Tim Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Tanah Bumbu mendorong setiap desa agar sudah stop BAB sembarangan, sehingga desa Open Defecation Free (ODF), yang mana masyarakatnya yang sudah seratus persen BAB di jamban sehat.

Digelar Rapat Sosialisasi dan Koordinasi Kabupaten/Kota Sehat di ruang rapat Kecamatan Mantewe Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Senin (25/10/2021) kemarin. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Camat Mantewe, Sartoyo dihadiri Tim Forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu. Diikuti seluruh kepala desa di Kecamatan Mantewe dan perwakilan puskesmas.

Sekretaris Camat Matewe, Sartoyo mengatakan, pada prinsipnya program Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah, yang nantinya dapat mendekatkan program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat karena dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada “proses” daripada “output”.

Ketua Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu, Fawaisa Mahabathain menyampaikan, Kabupaten Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten Kota yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

“Salah satu indikator yang paling utama adalah dimana setiap Desa telah dinyatakan Desa ODF atau Stop BAB Sembarangan (SBS), sehingga Desa ODF adalah desa yang seratus persen  masyarakatnya telah BAB di jamban sehat” katanya.

Pada penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat ini dilakuan sesi tanya jawab oleh para kepa desa kepada Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu dengan penyampain beberapa usulan, dantaranya terkait jamban sehat, pengelolaan sampah dan terkait pencemaran air sungai oleh oknum-oknum usaha tambang yang kurang bertanggung jawab. (has/mckominfotanbu)

Baca Juga :   Juri Drumband Kalsel Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Kecamatan Mandastana

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI