Teknik Dasar Beladiri Menghadapi Keroyokan (2)

Oleh Harry Budiman (Praktisi Karate & Beladiri Praktis)

WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana teknik dasar menghadapi keroyokan. Pada artikel ini mari kita lanjutkan pelajarannya.

Setelah kita memahami bagaimana cara keluar dari garis atau lintasan serangan lawan, sekarang kita belajar bagaimana berusaha keluar dari garis serang sambil melakukan perlawanan.

Jumlah lawan yang sebelumnya dua orang kita tambah menjadi tiga orang. Kemudian mereka menyerang dengan beberapa posisi.

Pertama dari depan, kedua dari belakang, ketiga dari samping, keempat dari empat penjuru atau mengelilingi kita.

Lawan tidak melakukan pukulan atau tendangan tapi hanya berusaha menangkap kita. Kita bereaksi dengan mencari celah untuk menghindar sambil berusaha melumpuhkan lawan.

Selalu ingat, mana lawan terdekat segera lumpuhkan. Tips melumpuhkan lawan adalah dengan menendang kakinya karena ini bagian yang tidak terjaga.

Latihan bisa dilanjutkan dengan lawan memukul dan menendang. Dari sini kita dilatih bereaksi menghindar dan melawan.

Latihan selanjutnya adalah diserang saat kita posisi di bawah. Apakah saat kita duduk, berbaring (tengkurap atau terlentang).

Ini memang agak sulit daripada posisi kita berdiri. Namun perlu dipelajari sebab dalam keadaan nyata hal ini bisa terjadi.

Awali dengan reaksi kira untuk berusaha menghindar dan berdiri untuk kabur. Sementara lawan hanya berusaha menangkap kedua tangan dan kaki kita.

Selanjutnya, latihan hindar dan lawan. Di sini kita harus cepat berpikir bagaimana menggunakan seluruh anggota tubuh yaitu untuk aktif bergerak dan melakukan teknik melumpuhkan antara lain memukul, menendang dan mengunci lawan.

Lebih jelasnya teknik ini dapat Anda simak pada video tutorial berikut

Selamat berlatih, tetap waspada. (*)

Editor : Hasby

Baca Juga :   Allegri: Juventus Tak Bermain Sebagai Tim Saat Kalah dari Empoli

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI