Tak Lagi Lewat Suntikan, Rusia Akan Uji Coba Vaksin COVID-19 Berupa Semprotan Hidung

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Rusia akan menguji coba vaksin COVID-19 Sputnik V versi semprotan hidung di kalangan partisipan dewasa. 

Percobaan itu dilangsungkan saat pemerintah pusat berjuang menekan lonjakan infeksi dan kematian akibat penyakit tersebut.

Reuters melaporkan, Selasa (12/10/2021) dikutip Rabu (13/10/2021) bahwa Rusia bergerak cepat mengembangkan dan meluncurkan vaksin Sputnik V buatannya ketika pandemi virus corona melanda tahun lalu.

Walau begitu, dilaporkan bahwa penerimaan vaksin tersebut lamban sebab banyak warga setempat yang tidak percaya pada otoritas.

Alasannya lainnya karena mereka takut dengan produk medis baru.

Menurut laporan itu, semprotan hidung akan digunakan dalam dua dosis di sebuah klinik di St Petersburg namun tanpa menyebutkan waktu rencana uji klinisnya.

Presiden Rusia, Vladmir Putin pada Selasa (12/10/2021) mengatakan negaranya harus mempercepat gerakan vaksinasi COVID-19 karena Rusia tersebut mencatat rekor kematian harian sejak awal pandemi.

Otoritas Rusia pada Juni lalu mengatakan vaksin versi semprotan hidung yang cocok untuk anak-anak berusia 8-12 tahun telah teruji dan rencananya akan diluncurkan pada September. (brs/berbagai sumber)

Editor: Yayu Fathilal

Baca Juga :   KJRI Jeddah Berhasil Perjuangkan Hak Gaji Seorang TKI Bekerja 14 Tahun di Kota Abha

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI