Sikat Premanisme, Polresta Banjarmasin Amankan 5 Pria Pelaku Pengaturan Liar di SPBU

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Jajaran Polresta Banjarmasin dari Satuan Reserse Kriminal bersama Polsekta Banjarmasin Selatan mengamankan lima orang yang diduga melakukan pengaturan liar di salah satu SPBU, dalam giat cipta kondisi ini Polsekta 
Banjarmasin Selatan dalam rangka menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tentang pemberantasan premanisme.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan didampingi Kasat Reskrim Kompol Alfian Tri Parmadi, di Banjarmasin, Minggu (13/6), mengatakan Cipta Kondisi di wilayah Polsek Banjarmasin Selatan untuk mencegah premanisme, Pungutan Liar (pungli), penyakit masyarakat maupun tindak kejahatan lainnya.

“Maksud dan tujuan giat menindak lanjuti Instruksi Kapolri untuk membasmi maupun memberantas aksi premanisme maupun tindak kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat, demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif serta memberi rasa aman tenang kepada masyarakat maupun membuat efek jera para premanisme,” katanya.

Kapolsekta Banjarmasin Selatan, Kompol Yopie Andri Haryono, mengatakan giat dilaksanakan Minggu (13/6) dari Pukul 14.00 Wita sampai dengan selesai,  sekira pukul 14.15 Wita, personil Polsekta Banjarmasin Selatan langsung melaksanakan giat di wilayah kawasan Polsekta Banjarmasin Selatan.

Beberapa personil yang berpakaian preman melakukan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat, dan selanjutnya dari hasil giat tersebut telah diamankan beberapa orang yang diduga melakukan pengaturan liar baik di SPBU Ukuwah dan Jalan, Simpang Empat Gerilya.

Adapun yang di amankan,  MB (37), warga Jalan Gerliya Gang Bambu, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan, AKK (36), Warga Jalan Gerliya Gang Bambu, Kelurahan Kelayan Timur,
MA(27), Jalan Prona 1 Gang Pelangi,  Kelurahan Pemurus Baru, AD (55) warga Jalan Prona 1 Gang Pelangi,  Kelurahan Pemurus Baru dan HR(17) juga warga Jalan Prona 1, Pemurus Baru.

Baca Juga :   Lembaga Etik Uniska MAB Banjarmasin Masih Lakukan Investigasi Terhadap Kasus Catcalling Mahasiswinya

Baca juga: Polsekta Banjarmasin Selatan tangkap pelaku penganiayaan

“Dari hasil interogasi dan penyelidikan, kelima orang tersebut belum ditemukan peristiwa pidana. Dikarenakan belum ada korban yang menyerahkan uang kepada para preman tersebut atau belum ada kerugian, ” katanya.

Baca Juga :   Banjir HST: Listrik, PDAM dan Internet di Barabai Nyaris Lumpuh Total

Selanjutnya, dilakukan pendataan  orang-orang bagian dari kelompok mereka untuk melakukan pengawasan lebih lanjut, melakukan pembinaan dan pendataan terhadap orang-orang yang diamankan tersebut.

“Dilakukan identifikasi dan diawasi untuk tidak melakukan kegiatan pungli kembali, dan kami akan melakukan kegiatan rutin kembali untuk menekan aksi premanisme di wilayah hukum Polsekta Banjarmasin Selatan,” katanya.

Ditegaskan oleh Kapolresta Banjarmasin, apabila ada aksi premenismen yang meresahkan masyarakat silahkan lapor dan akan tindak tegas bagi pelakunya. (ant)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca Juga :   Boks Kertas Karcis Terendam Saat Banjir, Pungutan di Portal Parkir Pasar Barabai Kini Tanpa Karcis

spot_img

TERBARU HARI INI