Setelah Sunda Empire, Kini Muncul Kerajaan Angling Dharma di Banten


WARTABANJAR.COM, PANDEGLANG – Beberapa waktu yang lalu masyarakat Tanah Air dihebohkan dengan munculnya sekelompok orang yang menyebut dengan penduduk Sunda Empire.

Baru-baru ini muncul lagi sebuah kelompok yang mengklaim memiliki kerajaan.

Nama kerajaan itu adalah Angling Dharma. Muncul di di Kampung Salangari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kemunculan kerajaan ‘baru’ ini, jelas membuat heboh masyarakat.

Seorang pria mengaku bernama warga Kampung Salangari, RT 02 RW 01, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengaku raja di Kerajaan Angling Dharma.

Dia menyebut, dirinya bergelar Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus.

Penobatan gelar raja kepada pria tersebut berasal dari mimpi yang muncul pada 2004.

“Diangkat raja secara gaib itu pada tahun 2004. Padahal sebelumnya beliau menolak bahkan ada yang masuk pun ke sini selalu diusir,” kata Aki Jamil, yang mengaku sebagai ajudan raja, Rabu (22/9/2021).

Aki Jamil mengaku, sang Baginda Raja keturunan Sultan Maulana Hasanudin Banten, sudah aktif membangun pondok pesantren sejak 1993.

Untuk penamaan Kerajaan Angling Dharma diambil dari nama seorang tokoh legenda dalam tradisi Jawa, yang dianggap sebagai titisan Batara Wisnu, yakni, Prabu Angling Dharma.

Penamaan itu merupakan salah satu tanda bahwa Iskandar memiliki kepedulian kepada masyarakat. Hal itu lantaran dia telah membangun puluhan rumah di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Baginda itu hanya memberikan fasilitas saja. Karena, nanti juga ada yang mengelolanya. Sudah ada empat pondok pesantren yang dibangun,” kata Aki Jamil.

Baca Juga :   Hampir Berusia 51 Tahun, ini Resep Awet Muda Sophia Latjuba

Aki Jamil menyebut, pembangunan bedah rumah sudah sejak 2017, kurang lebih hampir 35 rumah yang sudah di bangun. Simbol Angling Dharma, pernah ada kerjaan raja adil dan bijak sana.

Baca Juga :   Pelaku UMKM Diminta Segera Lakukan Vaksinasi Covid-19 

“Tidak hanya pembangunan saja tapi ada juga sosial seperti santuan yatim dan janda,” katanya. (berbagai sumber)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI