Serangan Bom di Masjid Kabul Tewaskan Warga Sipil


WARTABANJAR.COM, KABUL – Sebuah bom yang menargetkan pintu masuk sebuah masjid di ibukota Afghanistan Kabul pada hari Minggu telah menyebabkan ‘sejumlah warga sipil tewas’, menurut seorang juru bicara Taliban.

Bom itu menargetkan masjid Eidgah di mana upacara peringatan duka tengah diadakan untuk mendiang ibu juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, dilansir Daily Mail, Minggu (3/10/2021).

Tidak ada yang segera mengaku bertanggung jawab atas pemboman itu, tetapi serangan di Afghanistan terhadap Taliban oleh militan Negara Islam (IS) telah meningkat sejak Taliban berkuasa pada pertengahan Agustus.

Militan IS juga bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri Agustus di gerbang Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul yang menewaskan lebih dari 100 warga sipil dan beberapa personel militer AS.

Kebangkitan telah meningkatkan kemungkinan konflik yang lebih luas antara dua kelompok ekstremis.

LSM darurat, sebuah rumah sakit yang didanai Italia di Kabul, mentweet telah menerima empat orang terluka dalam ledakan itu.

Daerah di sekitar masjid ditutup oleh Taliban yang menjaga keamanan dengan ketat.

ISIS mempertahankan kehadiran yang kuat di provinsi timur Nangarhar dan menganggap Taliban sebagai musuh.

Mereka telah mengklaim beberapa serangan terhadap mereka, termasuk beberapa pembunuhan di ibukota provinsi Jalalabad.

Serangan di Kabul sejauh ini jarang terjadi, tetapi dalam beberapa pekan terakhir ISIS telah menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka memperluas jejaknya di luar timur dan lebih dekat ke ibu kota.

Pada hari Jumat, pejuang Taliban menyerbu tempat persembunyian IS di utara Kabul di provinsi Parwan setelah sebuah bom pinggir jalan IS melukai empat pejuang Taliban di daerah itu. (*)

Baca Juga :   Beredar Edaran, Masuk Kalteng Siapkan Keterangan Hasil Test Negatif Covid 19

Sumber: Daily Mail
Editor: Erna Djedi

Baca Juga :   Ikuti Jejak China dan Korsel, Wamendag RI Ajak Kembangkan Game Online

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI