Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar Buka Festival Budaya Pasar Terapung di Siring Nol Kilometer


WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Festival Budaya Pasar Terapung hari ini mulai digelar di Siring Nol Kilometer.

Pembukaan event wisata hasil gawe Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Jumat (22/10/2021) sore.

Pembukaan Festival Budaya Pasar Terapung ini, dihadiri pula anggota DPR RI asal Kalsel dari Partai Gerindra, H Muhammad Noor, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin.

Acara berlokasi di Siring Nol Kilometer Kota Banjarmasin, festival wisata budaya pasar terapung digelar tanggal 22 – 24 Oktober 2021, saat ini telah dipersiapkan stand perwakilan di 13 Kabupaten dan Kota, agar bisa mempromosikan produknya.

Pada hari pertama ini digelar atraksi 100 acil jukung, dilanjutkan hiburan kelompok kesenian, dan pada malam harinya digelar lomba jukung hias antar SKPD.

Turut hadir, dalam festival budaya pasar terapung, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan, beberapa SKPD dilingkup Pemerintah Provinsi Kabupaten dan Kota.

Acara dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti fashion carnaval dan pawai budaya, lomba kelotok hias dan lomba kampung Banjar, lomba foto, lomba video, lomba acil jukung, dan lomba jukung ber-6.

Sekda berharap event ini terus dikembangkan sehingga bisa menjadi event wisata yang menarik tidak hanya untuk pengunjung lokal tapi wisatawan dari luar daerah

“Festival Budaya Pasar Terapung ini sangat kental dengan ciri khas masyarakat sungai di Kalsel. Pasar Terapung juga menjadi ikon wisata Kalsel, jadi layak untuk terus dikembangkan,” ujarnya.

Sekda memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata yang menyelenggarakan kegiatan ini.

Selain mengangkat budaya khas Kalsel, event ini juga bisa membantu perekonomian UMKM.

Pembukaan Festival Budaya Pasar Terapung ini ditandai dengan menapak (memukul) mayang secara bersama-sama oleh Sekda Roy Rizali Anwar, Anggota DPR RI HM Noor. (edj)

Baca Juga :   Sempat dinyatakan Hilang, Desti Sampurani ditemukan di Sungai Meninggal Dunia

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI