Pj Gubernur Pastikan Proses Penanganan Korban Banjir Satui Sesuai Standar, Minta Semua Waspada

WARTABANJAR.COM, SATUI – Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA didampingi Wakil Bupati Tanah Bumbu, HM Rusli memastikan warga terdampak banjir di Satui dievakuasi ke lokasi yang baik, Minggu (16/5/2021). Dirinya melihat kolaborasi semua pihak dalam penanganan korban banjir di Satui Tanah Bumbu sudah berjalan dengan baik.

“Kami memastikan seluruh upaya penanganan banjir di Satui Tanah Bumbu dilakukan sesuai standar-standar yang sudah ditetapkan dalam penanggulangan bencana,” kata Safrizal ZA di lokasi banjir.

Dia mengatakan, karena banjir ini sudah terjadi, maka saat ini adalah penanganan pasca bencana. Kembali dirinya mengatakan, meninjau lokasi banjir ini juga memastikan bahwa semua orang yang terkena bencana dievakuasi ke lokasi yang baik dan semua sudah berjalan.

Diungkapkannya,  saat ini yang awalnya jumlah pengungsi di tempat pengungsian ada seribuan jiwa, kini yang tinggal di lokasi pengungsian seratus jiwa saja lagi. Korban banjir lainnya ada yang sudah kembali ke kediamannya masing-masing dan ada juga yang menumpang di rumah sanak familinya, di daerah yang aman.

“Logistik juga cukup. Ada yang di posko-posko yang mengontrol logistik baik di drop ke tempat pengungsian dan pengungsi di tempat-tempat keluarganya,” imbuhnya.

Dinas Sosial Kabupaten bersama Dinas Sosial Provinsi Kalsel juga melakukan pemulihan-pemulihan trauma healing bagi anak-anak pasca bercana. Dirinya mengharapkan semua proses evakuasi berjalan lancar.

Pj Gubernur Kalsel, Wakil Bupati Tanah Bumbu serta Pj Sekda Tanah Bumbu, H Ambo Sakka dan dari Koramil serta Polres juga meninjau kesiapan penanggulanan bencana di posko yang ada di Kantor Camat Satui, posko utama di Kantor Koramil dan posko di Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui.

Safrizal mengingatkan, saat ini musim penghujan belum berhenti dan puncaknya diprediksi pada Juni, jika terjadi hujan yang terus-menerus dikhawatirkan kembali terjadi banjir di lokasi yang sama.

Baca Juga :   Petualangan Eman Berakhir di Lampung, Gagal Edarkan 84 Kg Sabu dan 30 Ribu Ekstasi

“Semua pihak untuk tetap siaga. Bagi relawan agar mengatur tenaganya sehingga nantinya masyarakat siaga, logistik siap, personil siap, SOP siap,” harapnya.

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu

Terpisah, Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais mengatakan, banjir yang melanda Kecamatan Satui sejak Kamis (14/5) tersebut mengakibatkan 3.891 kepala keluarga atau sekitar 14.433 jiwa ikut terdampak. (has)

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI