Peringati Hari Museum Indonesia 2021, Museum Wasaka Gelar Pameran Pusaka

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Sebagai bagian dari peringatan Hari Museum Indonesia 2021, ratusan benda pusaka dipamerkan di Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Banjarmasin, Senin (11/10/2021).

Sejumlah benda pusaka dipamerkan mulai dari keris, parang, mandau dan sejumlah alat tradisional lainnya.

Bahkan, ratusan benda yang dipamerkan itu bukan hanya dari Museum Wasaka, melainkan juga dari Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan serta komunitas pecinta dan pelestari pusaka Kalsel.

Anggota Museum Wasaka, Faisal Imron menjelaskan pameran budaya benda pusaka ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberi edukasi kepada publik.

“Dengan seringnya kita mengenalkan benda-benda pusaka lewat pameran budaya ini, masyarakat bisa mengetahui makna dari sebuah senjata,” ucapnya.

Menurut Faisal, mayoritas orang tahunya senjata tradisional bukan hanya digunakan untuk berperang, padahal masyarakat juga mesti memahami simbol-simbol yang tersimpan dalam senjata.

“Ambil contoh seperti mandau, alat khas tradisional Kalsel. Bila orang-orang sudah memahami makna dari mandau, itu artinya dia sudah mencintai budayanya,” ujarnya.

Hari Museum Indonesia 2021 di Kalsel dihelat selama 4 hari yakni mulai 11-14 Oktober nanti.

Selain pameran, beragam rangkaian acara lainnya juga dilaksanakan seperti seminar hingga forum diskusi. (qyu)

Editor: Yayu Fathilal

Baca Juga :   Pemkab Banjar Dukung Sistem Online Single Submissin (OSS)

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI