Paksa Periksa Ponsel Warga Aipda Ambarita Dimutasi, Kombes Yusri Akui Tak Sesuai SOP

WARTABANJAR.COM, JAKARTA – nama Aipda MP Ambarita, pemimpin Rainmas Backbone, tim pengurai massa Polres Jakarta Timur di bawah Direktorat Sabhara, menjadi perbincangan setelah videonya memaksa memeriksa ponsel warga beredar luar di media sosial.

Dalam tayangkan video itu, Aipda MP Ambarita menyatakan pemeriksaan ponsel sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan mutasi Aipda Ambarita diduga berkaitan dengan pelanggaran prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) saat bertugas.

Mutasi Aipda Ambarita tertuang dalam Surat telegram (ST) nomor ST/458/X/KEP/2021 tertanggal 18 Oktober 2021.

Dalam surat telegram ini menyebutkan, Aipda Ambarita dimutasi menjadi Bintara Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Metro Jaya.

Selain Aipda Ambarita, Aiptu Jakaria juga dimutasi untuk mengisi posisi sama dengan Ambarita.

Polisi yang dikenal dengan nama beken Jacklyn Choppers itu sebelumnya Bintara Unit (Banit) 9 Unit 2 Subnit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Untuk diketahui, sebelumnya Ambarita ramai diperbincangkan di media sosial karena telah memeriksa paksa ponsel milik seorang pemuda yang sedang berkumpul malam hari.

“Sekali lagi saya katakan memang betul kita akui Pak Ambarita itu ada dugaan kesalahan SOP,” ujar Yusri dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021).

Menurut Yusri, pemeriksaan ponsel diperbolehkan, selama tidak melanggar SOP dalam bertugas. Pemeriksaan ponsel dapat berlaku dalam pemeriksaan terhadap pelaku kejahatan.

“Apakah polisi boleh melakukan pengecekan? Boleh, tergantung sesuai tidak dengan SOP. Contoh dari Resmob menangkap pelaku penadahan misalnya, boleh (periksa ponsel) kalau sesuai SOP,” kata Yusri.

Namun, Yusri tak memberikan alasan terkait mutasi Aiptu Jakaria.

Menurut Yusri, Aiptu Jakaria memiliki kelebihan hingga diposisikan sebagai Bintara Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Metro Jaya. (berbagai sumber)

Baca Juga :   Remaja Indonesia Disandera Agen Judi Online Kuching Malaysia, Ini Alasannya

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI