Menlu Retno Marsudi Sebut Turki Bakal Bebaskan Visa untuk WNI

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Kabar gembira bagi kalian para traveller atau pelancong, karena Turki bakal membebaskan visa bagi WNI.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Mevlut Cavusoglu, kepada Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral yang diadakan di Ankara, Turki pada 11-12 Oktober 2021.

Retno Marsudi mengatakan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Indonesia pada 2022 nanti.

Selain itu, Turki akan membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dalam waktu dekat ini.

“Menteri Luar Negeri Turki juga menyampaikan kebijakan baru untuk pemberian bebas visa bagi warga negara Indonesia ke Turki,” kata Retno dalam konferensi pers virtual, Selasa (13/10/2021).

Retno menjelaskan kebijakan bebas visa tersebut akan diberlakukan dalam waktu dekat, namun informasi lengkapnya akan diumumkan setelah ada keputusan lebih lanjut.

“Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik,” kata Retno.

Dalam pertemuan bilateral tersebut juga banyak membahas isu baik di bidang kesehatan, pertahanan, ekonomi, serta isu internasional terkini.

Selama kunjungan bilateral ke Ankara, Turki ini, Retno juga didampingi tim dari Kementerian Kesehatan, Pertamina dan PT Waskita Karya.

“Dan secara terpisah baik Kementerian Kesehatan, Pertamina dan Waskita melakukan pertemuan secara terpisah dengan masing-masing mitra,” ucapnya.

Pertemuan bilateral kali ini menghasilkan beberapa kerja sama baru antara kedua negara, yakni deklarasi bersama Indonesia dan Turki mengenai Mutual Recognition on Vaccine Certificates dan Travel Corridor Arrangement.

Kedua, penandatanganan MoU antara Pertamina dengan perusahaan farmasi Turki yakni Abdi Ibrahim tentang produksi parasetamol.

Baca Juga :   Video 12 Menit Bikin Haru, 1.500 Angklung Pasien dan Nakes Wisma Atlet Iringi Lagu 'Heal The World'

Kemudian, penandatangan letter of intent kerja sama pembangunan antara Kemenlu RI dengan Badan Koordinasi dan Kerjasama Turki (TIKA).

Baca Juga :   Konser Amal dan Harlah NU Ke-95, Ustadz Yusuf Mansyur Sumbang Rp 100 Juta

Terakhir, penandatanganan antara PT Waskita Karya dan Nurol Company mengenai kerja sama konstruksi. (brs/berbagai sumber)

Editor: Yayu Fathilal

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI