Literasi Digital Netizen Fair 2021, Ciptakan Ruang Digital Yang Aman

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bekerjasama dengan gerakan Siber Kreasi menyelenggarakan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021, yang diadakan di salah satu hotel ternama dikota Banjarmasin, Selasa (23/11/21).

Kegiatan yang dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalimantan Selatan (Kalsel), Farid Fahmansyah yang mewakili Gubernur Kalsel ini dilaksanakan secara hybird dan diikuti oleh ratusan anak muda milenial dari berbagai daerah di Indonesia.

Farid mengatakan Pemerintah Provinsi Kalsel menyambut baik kegiatan LDNF ini, apalagi kedepan Indonesia akan menyambut bonus demografi, dimana kemampuan literasi digital sangat diperlukan dalam persaingan global.

“Momentum kegiatan ini diharapkan  menjadi tonggak bangsa kita untuk maju kedepannya. Selain itu, juga bisa menjadi media bagi anak-anak Indonesia terutama yang berada di daerah, agar mereka mau terus bergerak, belajar, dan menjadi generasi yang maju” ujar Farid.

Farid juga mengatakan, untuk mendukung gerakan literasi digital ini pemerintah, khususnya Pemprov Kalsel telah menyiapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Ini adalah bagian dari persiapan untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang literasi digital, bagaimanapun zaman sudah berubah dimana semua serba digital” tuturnya.

Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate, secara virtual menyampaikan ditengah intaian sisi gelap internet saat ini, kecakapan dan peningkatan kompetensi melalui literasi digital menjadi suatu keharusan untuk menciptakan ruang digital yang aman, nyaman, positif, dan produktif.

Untuk memastikan pemanfaatan ruang digital yang postif dan optimal, lanjutnya, Kemenkominfo telah menginisiasi program literasi digital nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” yang menyasar 50 juta masyarakat di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia sampai tahun 2024 mendatang.

“Program Indonesia Makin Cakap Digital ini hadir untuk meningkatkan dan membekali masyarakat dengan pengetahuan keterampilan teknologi digital agar dapat menjadi talenta digital yang mumpuni dan unggul, serta berdaya saing” pungkasnya. (Qyu)

Baca Juga :   Kapolres Banjarbaru Ekspose Kasus Pembunuhan Perawat RSD Idaman, Bermula Tergiur Saldo E-Banking Korban

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI