Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sebut Tahura Sultan Adam Taman Hutan Raya Terluas di Indonesia, Intip Spot-spot Wisata Cantiknya di Sini

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Mulai hari ini, Rabu (13/10/2021) Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam kembali dibuka setelah beberapa kali ditutup karena pandemi COVID-19.

Pengunjung pun sudah boleh ke sana dengan syarat harus tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan serta mendaftar secara online di tautan yang telah disediakan pengelolanya.

Walau begitu, tahukah kalian?

Tahura Sultan Adam ini merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Kalimantan Selatan karena selain menawarkan pemandangan alam perbukitan dan pegunungan serta hutan, juga merupakan tahura terluas di Indonesia.

Direktorat Jenderal PKTL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan belum lama ini mengunggah di Instagram tentang profil Tahura Sultan Adam.

Di situ disebutkan bahwa Tahura Sultan Adam adalah tahura terluas di Indonesia.

Deer Island, salah satu spot wisata alam di lingkungan Tahura Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Foto: Humas Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.
Salah satu spot wisata cantik di lingkungan Tahura Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Foto: Facebook/Tahura Sultan Adam

#SobatPlanologi, tahukah kamu dimana letak Taman Hutan Raya (Tahura) dengan luas terbesar di Indonesia? Jawabnya ada Provinsi Kalimantan Selatan. Tahura ini Bernama Sultan Adam,” tulis akun Instagram Direktorat Jenderal PKTL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Disebutkan di situ bahwa luas hutan Tahura Sultan Adam adalah 112.000 hektar.

Taman Hutan Raya Sultan Adam yang mempunyai luas lahan hutan sebesar 112.000 hektar ini secara administratif masuk dalam ranah dua kabupaten yang berbeda, yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut yang masuk dalam provinsi Kalimantan Selatan. Nama Tahura ini diambil dari nama Sultan Adam Al-Watsiq Billah bin Sultan Sulaiman Saidullah II yang merupakan Sultan Banjar yang memerintah dari tahun 1825 hingga 1857,” lanjutnya.

Tahura (Taman Hutan Raya) Sultan Adam merupakan salah satu kawasan yang dijadikan sebagai hutan pendidikan UNLAM berdasarkan SK Gubernur No. DA.144/PHT/1980 tanggal 31 desember 1980. Namun, selain sebagai kawasan hutan pendidikan, kawasan ini juga menjadi tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Waaah, luar biasa ya Tahura Sultan Adam, patut jadi kebanggaan warga Kalimantan Selatan karena ternyata adalah tahura terluas di Indonesia.

Baca Juga :   Terungkap Motif Tewasnya Robianor di Tangan Pria Muda di Sungai Tiung Banjarbaru, Terkait Pencabulan
Baca Juga :   11 Ribu Orang Gunakan Bus Rapid Transit Banjarmasin Setiap Bulan

Bagi yang suka berlibur ke alam, sangat cocok menenangkan pikiran di sini terlebih lagi sekarang pengelolanya sudah membenahi Tahura Sultan Adam dan melengkapinya dengan berbagai fasilitas publik yang bagus dan cantik sehingga liburan kalian akan terasa lebih asyik di sini.

Jangan lupa juga, kalau ke Tahura Sultan Adam tetap patuhi peraturan yang berlaku dan selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar liburan jadi lebih aman dan nyaman. (brs)

Editor: Yayu Fathilal

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI