Heboh Penampakan Awan Bak Ombak Membelah Langit di Pacitan, Jawa Timur, ini Kata BMKG

WARTABANJAR.COM, PACITAN-Belum lama ini warga dihebohkan oleh beredarnya sebuah video tentang penampakan awan tak biasa di langit Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Menurut kabar yang beredar, penampakan awan itu seperti ombak laut yang membelah langit.

Kejadiannya sekitar pukul 06.15 WIB dan direkam di halaman kantor Kodim Kabupaten Pacitan, Jumat (6/8/2021).

Awan tersebut tampak tegak lurus memanjang ke atas dari utara ke selatan di langit di atas kantor Kodim Kabupaten Pacitan.

Cuaca di video itu tampak cerah.

Menurut sang perekam video itu, makin siang awan itu kian menipis.

Video itu beredar di media sosial, dan menurut sang pengunggah videonya, di antaranya adalah di kanal YouTube heru pacitan banyak netizen lain turut merekam penampakan awan itu.

Menurutnya, bisa dipastikan itu awan asli, bukan asap pesawat.

Menanggapi ini, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono pun memberikan penjelasan.

“Menyikapi adanya tayangan bentuk awan unik berbentuk lurus di Pacitan dalam salah satu akun Youtube dan sempat viral kemarin maka ada dua dugaan terkait jenis awan tersebut,” kata Daryono lewat akun media sosial pribadinya, dikutip Minggu (8/8/2021).

Dugaan pertama adalah itu merupakan roll cloud atau awan gulung.

“Awan ini termasuk langka tetapi memang beberapa kali terjadi di beberapa tempat,” katanya.

Awan ini bisa terjadi karena ada pertemuan dua masa udara dan kelembaban/kandungan uap air yang berbeda, dua hal yang mungkinkan, dipengaruhi oleh pertemuan angin regional dengan angin laut/darat atau terbentuk pada garis front dua masa udara yang berbeda kandungan uap airnya.

Baca Juga :   Presiden Sebut Kasus Covid-19 Meningkat di Dua Provinsi Ini

Dugaan kedua, awan ini terbentuk oleh Contrail pesawat jet, tetapi biasanya jejaknya relatif kecil diameternya dengan garis awannya lebih kuat dengan warna latar langitnya.

Baca Juga :   Dukung PPKM Darurat 3-20 Juli 2021, Cinema XXI Batasi Jam Tayang dan Kapasitas Bioskop di Sejumlah Wilayah

“Contrail ini umurnya sangat pendek biasanya dalam skala menit bisa hilang, bentuknya mirip awan cirrus,” lanjutnya.

Adanya beberapa dugaan ini disebabkan karena memang tayangan video awan di pacitan tersebut memang kurang jelas, sehingga dugaan awan tersebut adalah roll cloud atau contrail jejak pesawat jet.

“Yang pasti awan tersebut merupakan fenomena atmosferik biasa dan bukan merupakan pertanda akan terjadi sesuatu yang luar biasa misalnya akan terjadi gempa besar atau bencana lainnya,” ungkapnya.

Dia pun mengimbau warga tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan isu yang berkembang dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Selama ini memang sebagian masyarakat kita ada yang menduga bahkan percaya adanya kaitan antara bentuk awan lurus di langit dengan pertanda akan terjadi gempa. Dugaan dan pendapat ini sebenarnya masih sangat spekulatif karena belum ada kajian ilmiah yang membuktikan kebenarannya dan secara empirik belum terbukti,” paparnya.

Berikut ini videonya:

(brs/berbagai sumber)

Editor: Yayu Fathilal

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI