Hadapi PSU Pilgub Kalsel, KPU Banjar Akan Rekrut PPK, PPS dan KPPS

WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar siap melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan sesuai putusan Mahkamah Konstitusi.

Ketua KPU Banjar, Muhaimin, Senin (22/3/2021), mengatakan pihaknya akan menyiapkan apa yang menjadi tugas sebagai pelaksana karena penyelenggara PSU merupakan kewenangan KPU Provinsi Kalsel.

“Kami hanya sebagai pelaksana, penyelenggaranya adalah KPU Kalsel karena agendanya pemilihan suara ulang calon gubernur dan wakil gubernur dan sebagai pelaksana, kami tentu siap,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebagai pelaksana maka tugas yang dijalankan adalah merekrut anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di TPS.

Disebutkan, mengingat pihaknya hanya sebagai pelaksana sehingga soal pendanaan dan masalah teknis lainnya merupakan kewenangan KPU Provinsi Kalsel yang berkoordinasi dengan KPU RI.

“Intinya, kami hanya menjalankan tugas seperti merekrut PPK, PPS dan KPPS. Soal kapan pemungutan suara dilaksanakan, itu semua kewenangan KPU Kalsel yang menetapkan bersama KPU RI sebelum 60 hari,” katanya.

Jumlah pemilih diperebutkan dalam PSU pada lima kecamatan sebanyak 156.220 suara terdiri dari 152.577 suara sesuai DPT ditambah 2,5 persen cadangan atau 4.043 suara tersebar pada 502 TPS dan 89 desa.

Lima kecamatan di Kabupaten Banjar yang melaksanakan pemilihan suara ulang (PSU) yakni Kecamatan Martapura, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Astambul, Kecamatan Sambung Makmur dan Kecamatan Mataraman. (ant)

Editor: Erna Djedi

Baca Juga :   Salut, SMA Dirgantara Solo Buka Dapur Umum di Lanud Sjamsudin Noor Sediakan Nasi untuk Korban Banjir

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI