Doa Mohon Ampunan Allah SWT, Berikut Tanda-tanda Taubat Diterima

Oleh Ustadz Muhammad Rijal Fathoni, S.Pd.I

WARTABANJAR.COM, BANJAMASIN – Banyak diantara doa-doa yang diabadikan oleh Allah di dalam Kitab suci Alquran, terlebih lagi doa memohon ampunan. Bahkan dari doa-doa berikut, kita dapat mengetahui, bahwasanya doa yang paling disukai Allah ialah doa yang isinya meminta ampun kepada Allah.

Robbana taqobbal minna, innaka antas-sami’ul-‘alim.

Wa tub ‘alaina, innaka antat-tawwabur-roḥim. (QS. Al Baqaroh 127-128)

Artinya:

Wahai Rabb kami terimalah amalan dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

Qola rabbana Dzolamna anfusana wa il lam tagfir lana wa tar-hamna lanakunanna minal-khasirin. (QS. Al A’raf 23)

Artinya :

Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

Rabbanag firli waliwalidaiya walil mu’minina yauma yaqumul hisab

Artinya : Yaa Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan orang-orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat). (QS. Ibrahim 41).

Mendapatkan Ampunan adalah impian oleh tiap-tiap hamba Allah, karena dengan mendapat ampunan, kita akan kembali disayang Allah, serta agar ketenangan jiwanya selalu menyertai dan kelak dapat bertemu dengan Allah mendapatkan keridhaan-nya.

Adapun alamat tanda-tanda orang yang diterima taubatnya oleh Allah ta’ala :

  • Allah mudahkan dalam hatinya muncul rasa nikmat beribadah. Sholat bisa khusyuk, nikmat duduk berlama sambil dzikir, nikmat qiyamul lail, nikmat puasa, nikmat di majelis ilmu dan seterusnya. Bahagia hatinya saat beramal kebaikan.
  • Allah mudahkan ia menegakkan amalan sunnah. Jika sudah nikmat dengan yang wajib. Ia akan dekat dengan yang sunnah. Mulai memburu amal lain sebagai upayanya menutup kekurangan.
  • Allah mudahkan baginya bertemu dengan kawan yang sholeh. Ini sebagai penjaga bagi pertaubatannya. Allah menjaganya dengan menghadirkan kawan-kawan sholeh di dalam perjalanan taubatnya.
  • Allah mudahkan hatinya menerima nasihat. Hatinya melembut. Hidayah mudah masuk saat menerima nasihat kebaikan. Sehingga perilakunya terjaga dari keburukan.
  • Allah mudahkan air mata keluar dari dua matanya. Ia mudah menangis. Bukan karena cengeng tapi karena mengingat semua dosa masa lalunya. Ia menangis karena mengingat semua nikmat Allah. Ia menangis atas kesempatan yang sudah Allah berikan. Ia menangis sebagai bentuk penyesalan, sekaligus rasa syukurnya kepada Allah.
Baca Juga :   Dokter Monika Astria Nekat Naik Trail ke Meratus demi Misi Kemanusiaan

Semoga kita termasuk hamba-hamba yang menikmati ampunan Allah azza wajalla. Aamiin Ya Allahu rabbal’alamiin. (*)

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI