Danrem Brigjen TNI Firmansyah: Semangat Kepemimpinan Pangeran Antasari Patut Diterapkan Kini dan Akan Datang


WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, dengan mengenakan busana adat Banjar menghadiri upacara peringatan ke-159 tahun wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari Tahun 2021 di Makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Senin (11/10/2021).

Tema upacara kali ini ‘Lamun Kita Sepakat Membangun Banua, Bergerak Sabarataan Untuk Mewujudkan Cita-Cita Para Pejuang Menuju Masyarakat Adil dan Berkemakmuran Untuk Banua’.

Upacara dipimpin Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Rangkaian upacara diisi antara lain dengan pembacaan riwayat singkat Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Peletakkan karangan bunga oleh pimpinan ziarah, pembacaan pesan-pesan Pangeran Antasari oleh pimpinan ziarah, pembacaan doa, dan penghormatan kepada Pahlawan Nasional Pangeran Antasari.

Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, yang turut hadir dalam upacara ini mengatakan Pangeran Antasari mempunyai kepemimpinan yang cerdas, cerdik, alim, patriotisme, nasionalis dan dicintai masyarakatnya.

“Kepemimpinan Pangeran Antasari menjadi sebuah pembelajaran sejarah untuk diterapkan dalam kehidupan kita di masa kini maupun di masa mendatang,” ujar Danrem.

Danrem Brigjen TNI Firmansyah melanjutkan, “Semangat sang pahlawan harus diwujudkan dalam membangun bangsa ini menjadi lebih baik, terutama persatuan dan kesatuan dalam mengedepankan kebersamaan.”

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengatakan bahwa perku diketahui yang namanya pahlawan adalah urat nadinya pembangunan bangsa.

“Artinya banyak pelajaran yang diberikan oleh pahlawan bangsa kita, terutama nilai juang menghadapi segala macam problem, dimana setiap pahlawan menghadapi setiap persoalan dengan gagah berani. Seorang pahlawan memberikan pembelajaran ke arah jalan yang diridhoi oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Itu yang harus kita warisi sampai hari ini, didalam kita menghadapi kehidupan-kehidupan, persoalan negara, persoalan pemerintahan, persoalan sosial kemasyarakatan, kita harus mengambil semangatnya,” ucapnya.

Baca Juga :   Sami Khedira Putuskan Gantung Sepatu di Akhir Musim

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, perwakilan Kajati Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Sekda Provinsi Kalsel, Danlanal Banjarmasin, perwakilan Danlanud Sjamsudin Noor, Walikota Banjarmasin, serta jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kota Banjarmasin. Jajaran Forkopimda Kalimantan Selatan hadir dengan mengenakan busana adat Banjar.

Baca Juga :   Populasi Mencapai 217 Juta Jadikan Indonesia Pasar Layanan Pesan-Antar Makanan Terbesar di Asia Tenggara

Usai upacara peringatan, dilaksanakan pengukuhan DPP Laskar Pangeran Antasari Kalimantan dan diakhiri kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari. (edj/penrem)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI