Catat MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Dijadwalkan 18-20 Maret 2022, Cek 3 Wisata Terdekat

WARTABANJAR.COM – Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB masuk dalam jadwal penyelenggaraan race MotoGP 2022.

Dalam kalender MotoGP dilansir situs MotoGP, jadwal MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Jadwal kedua ajang MotoGP setelah di Sirkuit Losail di Doha Qatar pada 4 hingga 6 Maret 2022.

Bagi para pecinta MotoGP yang siap untuk nonton langsung di Sirkuit Mandalika, jangan lewatkan agenda wisata yang ditawarkan pulau Lombok, NTB.

Dilansir akun Instagram PUPR, ada tiga wisata terdekat di Sirkuit Mandalika.

1. Desa adat Sade

Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Lombok.

Dilansir Wikipedia, salah satu sudut desa Sade, terlihat seorang perempuan sedang menenun. Dinas Pariwisata setempat menjadikan Sade sebagai desa wisata karena keunikan Desa Sade dan suku Sasak yang menjadi penghuninya. Meski terletak persis di samping jalan raya aspal nan mulus, penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah masih berpegang teguh menjaga keaslian desa.

Dapat dikatakan, Sade adalah cerminan suku asli Sasak Lombok walaupun listrik dan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dari pemerintah sudah masuk ke sana, Desa Sade masih menampilkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok.

Hal itu dapat dilihat dari bangunan rumah yang terkesan sangat tradisional. Atapnya dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah. Orang Sasak Sade menamakan bangunan itu bale.

Terdapat delapan bale yaitu Bale Tani, Jajar Sekenam, Bonter, Beleq, Berugag, Tajuk dan Bencingah. Bale-bale itu dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada 150 Kepala Keluarga (KK) di Sade. Dulu, penduduknya banyak yang menganut Islam Wektu Telu (hanya tiga kali sholat dalam sehari). Tapi sekarang, banyak penduduk Sade sudah meninggalkan Wektu Telu dan memeluk Islam sepenuhnya.

Baca Juga :   Sosok Komandan KRI Nanggala-402, Putra Purnawirawan Brimob Polda Lampung

Uniknya, warga desa punya kebiasaan khas yaitu mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau. Jaman dahulu ketika belum ada plester semen, orang Sasak Sade mengoleskan kotoran kerbau di alas rumah.

Sekarang sebagian dari kami sudah bikin plester semen dulu, baru kemudian diolesi kotoran kerbau. Konon, dengan cara begitu lantai rumah dipercaya lebih hangat dan dijauhi nyamuk. Bayangkan saja, kotoran itu tidak dicampur apa pun kecuali sedikit air.

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berhadapan langsung dengan samudera hindia, mempunyai garis pantai yang melengkung panjang sekitar 2 km jaraknya.

Gotravelindonesia.com Pantai Tanjung Aan Lombok berada dalam kawasan mandalika yang telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan ini diresmikan pada hari jumat 20 October 2017 oleh Presiden Joko Widodo.

Kawasan ekonomi khusus mandalika yang diusulkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan harapan bisa memutar roda perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi kawasan potensi pariwisata bertaraf internasional.

Pantai tanjung aan memiliki cerita legenda yang menjadi budaya kearifan lokal dipercaya merupakan tempat asal muasal dari Putri Mandalika putri cantik jelita asal Tunjung Bitu yang memilih menjadi Nyale untuk menyelamatkan kerajaannya.

Pantai berpasir seperti biji merica

Dimana pasir pantai biasanya butiran kecil dan halus tetapi disini butiran pasirnya berbentuk bulat-bulat besar seperti layaknya biji merica.

Sehingga sebagian masyarakat lokal menyebutnya sebagai pantai merica atau pantai tepung.

Pantai Merica Tanjung Aan


Butiran pasir berbentuk bulat besar seperti merica
Konstruktur pantai yang landai serta ombaknya yang tenang membuat lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun dunia.

Warna biru tua dan hijau tosca air laut nan jernih akan membuat decak kagum bagi siapapun yang melihat secara langsung keindahan pantai tanjung ann.

3. Pantai Kuta Mandalika

Baca Juga :   Kejaksaan Agung Periksa Petinggi Sriwijaya Air Terkait Penyidikan Asabri

Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih seperti buliran merica ini terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta. Pantai Kuta mulai dikenal dan

Dilansir wikipedia, pantai Kuta Lombok dikembangkan sebagai destinasi wisata pada mulanya oleh PT. Rajawali Indonesia (BUMN, sekarang jadi ITDC) pada tahun 1970an. Pantai Kuta (Kute, ejaan lokal) memang terkenal dengan pasir putihnya yang berbeda dengan kebanyakan pantai di Indonesia.

Pasir berwarna putih bak merica dengan garis pantai yang panjang menjadikan Kuta sebagai idola bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Terdapat sebuah upacara kebudayaan terbesar di Pulau Lombok dan dilakukan satu kali dalam setahun upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale.

Dalam upacara ini masyarakat dan wisatawan mencari dan berburu cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik jelita, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena kebijakan sang putri dan tidak menginginkan terjadi pertumpahan darah di antara kerajaan. maka ia memutuskan moksa (hilang) dan terlihat seperti terjun ke laut. Namun sebelumnya sang putri bertitah,

“Wahai rakyatku, jika engkau ingin menemui dan menjumpaiku. Carilah aku pada tanggal 20 bulan sepuluh (penanggalan suku Sasak) di sepanjang pantai ini setiap tahun”, ujar sang putri. Hingga sekarang, ritual adat ini masih dilakukan dan dikemas sebagai atraksi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Wujud cacing laut (nyalè) ini dipercaya sebagai reinkarnasi sang putri dengan asas keadilan.

Semua rakyat bisa mendapatkannya tanpa perlu berperang memperebutkan fisik sang putri. Event Bau Nyale ini biasanya di gelar antara bulan Februari – Maret setiap tahunnya yang berlokasi di sepanjang semenanjung Pantai Kuta Lombok Tengah. (aqu)

Editor Restu

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI