Berikut Risiko Jika Pengajuan Kredit Atas Nama Orang Lain

Oleh Nadhiv Audah SH

WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Tidak sulit untuk membeli barang-barang kebutuhan maupun kendaraan bermotor, salah satunya dengan cara kredit. Bahkan dengan syarat yang cukup mudah dari perusahaan pembiayaan, misalkan hanya membayar uang muka maka sudah dapat membawa pulang barang tersebut.

Pembelian suatu barang dengan cara kredit dianggap menjadi solusi untuk mendapatkan barang tersebut tanpa harus membayar penuh sesuai harga barang, termasuk dalam hal ini kendaraan roda dua maupun maupun mobil.

Namun perlu diperhatikan, persyaratan dari lembaga pembiayaan tersebut bukan hanya setor uang muka saja, melainkan ada syarat lainnya agar dapat diterima sebagai debitur lembaga pembiayaan tersebut seperti KTP, Izin Usaha, dan lain sebagainya.

Apabila syarat yang diminta lembaga pembiayaan tersebut tidak dapat dipenuhi kadang kita meminjam atau menggunakan nama orang lain yang dianggap persyaratannya terpenuhi.

Pada dasarnya perusahaan pembiayaan akan melakukan pembebanan jaminan fidusia kepada pembeli atau debitur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 angka 1 UU No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia) yang menyebutkan Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Oleh karena itu apabila anda mengajukan kredit kepada lembaga pembiayaan atas nama orang lain, maka yang menjadi debitur atau pemberi fidusia adalah orang yang atas nama anda ajukan tersebut dan kreditur atau penerima fidusia adalah lembaga pembiayaan.

Dalam hal ini yang disebut sebagai Pemberi fidusia adalah orang perseorangan atau korporasi pemilik benda yang menjadi objek jaminan fidusia dan Penerima fidusia adalah orang perseorangan atau korporasi yang mempunyai piutang yang pembayarannya dijamin dengan jaminan fidusia sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 angka 5 dan angka 6 UU Fidusia.

Baca Juga :   Polres Kotabaru Geledah Ruko Pinjaman Online Ilegal, 1 WNA Cina Turut Diamankan

Secara hukum barang atau dalam hal ini kendaraan yang telah didaftarkan jaminan fidusia secara resmi hak kepemilikannya telah beralih ke penerima fidusia sebagaimana disebutkan dalam penjelasan Pasal 25 ayat (1) UU Fidusia. Oleh karena itu kendaraan yang telah dibeli secara kredit tersebut dan dapat digunakan oleh debitur atau pemberi fidusia pada dasarnya hak kepemilikan berpindah kepada lembaga pembiayaan sebagai penerima fidusia sampai kredit kendaraan tersebut dianggap lunas.

Dalam hal ini walaupun anda yang menggunakan kendaraan tersebut dan melakukan pembayaran kredit kepada lembaga pembiayaan, akan tetapi yang diakui oleh lembaga pembiayaan adalah atas nama debitur yang anda ajukan tersebut dan anda tidak memiliki hak hukum apapun.

Apabila dikemudian hari ada kendala dalam hal kredit, anda tidak bisa melakukan permohonan maupun perlawanan kepada lembaga pembiayaan, yang berhak mengajukan hal tersebut adalah debitur atas nama yang anda ajukan.

Hal lainnya apabila kredit tersebut telah dilunasi maka yang berhak mengambil BPKB kendaraan adalah atas nama yang terdaftar sebagai debitur di lembaga pembiayaan tersebut.

Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 24 UU Fidusia Penerima Fidusia tidak menanggung kewajiban atas akibat tindakan atau kelalaian Pemberi Fidusia baik yang timbul dari hubungan kontraktual atau yang timbul dari perbuatan melanggar hukum sehubungan dengan penggunaan dan pengalihan Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia.

Selain itu pengalihan hak benda atau barang terhadap jaminan fidusia juga dilarang oleh aturan berdasarkan Pasal 23 ayat (2) UU Fidusia menyebutkan Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan kepada pihak lain Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia. (*)

Baca Juga :   Terkait Penanganan Covid-19, DPRD Kota Banjarbaru Datangi RS Idaman

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI