Ada Peningkatan Jumlah ODGJ di Banjarmasin, Ternyata Terbanyak di Kecamatan Ini

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Banjarmasin meningkat tajam menjadi 998 orang. Dibandingkan pada tahun 2020 lalu, data di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ada sebanyak 741 ODGJ.

Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi di sela Jambore Kesehatan Jiwa di Golden Tulip Banjarmasin, Sabtu (9/10/2021). Pada peringatan itu mengundang ODGJ yang sudah sembuh.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada peningkatan jumlah ODGJ di Banjarmasin ini seiring dengan pandemi Covid-19. Peningkatan jumlah ODGJ ini berarti ada 200 an orang lebih.

Berdasarkan jumlah ODGJ di Kota Banjarmasin itu, terbanyak di Banjarmasin Selatan yang ditangani oleh Puskesmas Pekauman. Hal ini salah satunya karena di Banjarmasin Selatan ada rumah singgah.

Menurutnya, tekanan hidup seseorang di era pandmei ini turut memicu terjadinya peningkatan ODGJ di Banjarmasin.

“Melalui Jambore Kesehatan Jiwa ini, memberikan penghargaan kepada puskesmas yang kinerjanya terbaik dalam pemberian vaksinasi terbanyak kepada ODGJ dan penghargaan kepada para inovator yang memberikan solusi terbaik kepada penanganan disabilitas, termasuk pemberian vaksin kepada kelompok disabilitas,” kata Machli kepada wartabanjar.com.

Penghargaan diberikan kepada Puskesmas Pekauman karena sudah melakukan vaksinasi terbanyak untuk ODGJ. Disusul Puskesmas Sei Mesa dan Puskesmas Pekapuran Raya.

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin : Pemberian vaksinasi Covid-19 kepada ODGJ di Banjarmasin

Masih menurut Machli, tentu di Hari Kesehatan Jiwa sedunia ini, yang bertepatan pada 10 Oktober pihaknya menghimbau kepada seluruh warga kota Banjarmasin untuk tidak memasung ODGJ.

Mengingat memasung ODGJ adalah pelanggaran hak asasi manusia berat, dan ini melanggar ketentuan pidana pasal 333 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara, itu bisa saja ditujukan kepada orangtua saudara kandung yang memasung anggota keluarganya yang ODGJ.

Baca Juga :   Ketua DPC Partai Demokrat Tabalong Tak Tampil di Mata Najwa Trans Tv, Ribut Berebut Demokrat

“Sesuai dengan misi Bapak Wali Kota Banjarmasin yakni BAIMAN dan lebih bermartabat. Pada misi kedua meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tentu kami dinas kesehatan mengimplementasikannya pada Hari Kesehatan Jiwa sedunia ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Personel Gabungan Kota Banjarbaru Lakukan Penyekatan Mobilitas Masyarakat

Melalui peringatan ini pula, pihaknya menanamkan nilai-nilai pelayanan kesehatan yang bermartabat kepada semua Pengelola program kesehatan jiwa yang ada di 26 Puskesmas di Kota Seribu Sungai ini. (has)

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI