Ditanya Tentang Sampai Kapan PSSI Naturalisasi Pemain Timnas, Erick Thohir Berikan Jawaban ini

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara terkait pertanyaan anggota Komisi X DPR RI sampai kapan naturalisasi untuk Timnas Indonesia akan berlangsung.

    Pertanyaan itu dilontarkan oleh anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Nuroji dan Djohar Arifin dari PDI Perjuangan pada rapat Komisi X DPR guna membahas perpindahan kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Selasa (17/9/2024).

    Nuroji mendadak viral lantaran mengangkat isu soal banyaknya pemain yang sudah dinaturalisasi PSSI, sementara Djohar Arifin Husin dan anggota DPR Komisi X dari PDI Perjuangan mempertanyakan soal batas waktu PSSI untuk melakukan naturalisasi pemain.

    Dalam jumpa pers di Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Jakarta, Kamis (19/9/2024), ia mengatakan naturalisasi pemain tersebut merupakan program jangka panjang.

    Di era demokrasi ini, sambungnya, perbedaan pendapat adalah hal biasa dan bisa dimaklumi, tetapi PSSI, Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas serta Pemerintah Indonesia harus mempunyai target untuk perbaikan prestasi Timnas.

    “Itu yang utama. Cara-caranya pun terhormat. Kenapa? Aturan FIFA menjelaskan setiap negara boleh menaturalisasi semua pemain. Kita bisa lihat tim nasional Belanda,” kata Erick.

    Ia mencontohkan, banyak negara juga melakukan naturalisasi pemain demi tim nasional mereka, membuat PSSI juga mengambil langkah serupa, asalkan jalan yang ditempuh sesuai dengan aturan FIFA dan dalam negeri.

    “Bola itu merupakan event global dan semua terbuka menurut aturan FIFA, yaitu pemain naturalisasi yang bermain di liganya selama lima tahun atau yang punya darah bapak, ibu, kakek, atau nenek,” imbuhnya.

    Baca Juga :   Kondisi De Bruyne Belum Menentu, Fans Khawatir Saat Man City Menjamu Arsenal

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI