30 Calon Wira Usaha Baru Digodok Empat Hari Teknik Pembuatan Sasirangan


WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Perdaganggan dan Perindustrian (Disperdagin), menggelar Pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Pembuatan Kain Sasirangan Dengan Pewarna Tekstil.

Kegiatan itu dipimpin dan dibuka Plh Sekdako Banjarmasin, Sugito Said, yang berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, didampingi Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar serta Camat dan Lurah terkait, Senin (11/10/2021).

Kepala Disperdaging Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezarm mengatakan pelatihan WUB kain sasirangan dengan pewarna tekstil tersebut berjumlah 30 peserta yang di ambil dari beberapa kelurahan di Kota Banjarmasin.

“Di antaranya adalah Kelurahan Melayu, Kelurahan Banua Anyar, Kelurahan Mantuil, Tanjung Pagar, Belitung Utara, Kuin Utara, Kuin Cerucuk masing-masing kelurahan itu jumlah pesertanya ada 5 orang,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dari 11 Oktober sampai dengan 14 Oktober 2021, atau selama empat hari.

Di saat sebelum Pandemi Covid-19 melanda kota, WUB tersebut sebelumnya terfokus di 1 tempat saja dan pada saat Pandemi melanda sekarang ini pihaknya memecah tempat tersebut menjadi 3 tempat

“Tempat pertama di Yaya sasirangan, tempat kedua di Adim Sasirangan Eksklusif dan yang ketiga adalah di Alika Sasirangan, jadi masing-masing workshop itu ada 10 orang peserta dan 1 orang instruktur,” bebernya.

Maka dari itu, Pria yang kerap disapa Tezar itu berharap dalam 4 harj pelatihan tersebut dari tanggal 11 sampai 14 para peserta WUB itu memiliki kemampuan dasar untuk pembuatan kain Sasirangan dengan pewarna tekstil.

“Mudah-mudahan mereka bisa menjadi WUB yang mandiri, WUB yang sukses bisa produktif tentunya dengan memperhatikan kualitas dan mengetahui keinginan masyarakat, keinginan pembeli,” pungkasnya. (edj/hms)

Baca Juga :   Mendagri Resmi Tunjuk Roy Rizali Anwar sebagai Plh Gubernur Kalsel

Editor: Erna Djedi

Baca Juga :   Senin Pagi Indra Sari Martapura Geger Kebakaran

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERBARU HARI INI