TOK! DPT Pilkada Provinsi Kalsel 3.410.499 Pemilih

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada serentak 2024 sebanyak 3.410.499 orang pemilih, terdiri laki laki 1.520.446 dan perempuan 1.521053 orang.

    Penetapan ini melalui rapat pleno terbuka rekaputulasi DPT tingkat Kalsel Pilgub, Pulbup, dan Pilwali, di Galaxi Hotel Banjarmasin, Minggu (22/9/2024).

    Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa mengatakan, dalam tahapan ini jajaran KPU Kab/kota telah melakukan rekapitulasi DPT secara berjenjang.

    Dimulai tingkat kecamatan hingga ditetapkan di tingkat Kab/kota dengan pengawasan Bawaslu serta stakeholder terkait lainnya.

    Andi Tenri menyebut, pihaknya melaksanakan prinsip penyusunan daftar pemilih yang komprehensif, inklusif, akurat, mutakhir, terbuka, responsive, partisipatif, akuntabel, dan aksesibel.

    Meski demikian pihaknya tetap melakukan perlindungan data pribadi masyarakat berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku.

    “Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada jajaran PPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan atas perjuangan dan pekerjaannya yang telah dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” kata Tenri.

    Adapun Jumlah DPT tersebut sudah termasuk jumlah pemilih lokasi khusus sebanyak 10.057 orang yang tersebar di 22 lokasi.

    Jumlah TPS sebanyak 7.382 yang terdiri dari 7.352 TPS reguler dan 30 TPS Loksus.

    “TPS Lokasi Khusus ini dibuat agar setiap masyarakat yang memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak Tahun 2024 ini dapat memilih dan menggunakan hak pilihnya,” jelasnya. (berbagai sumber)

    Baca Juga :   Tim BPAM Banjarbakula Mulai Perbaikan Pipa Bocor

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI