Gemar Meneliti Tanaman Hias, Dosen UGM Ini Dikukuhkan Menjadi Guru Besar

     

    WARTABANJAR.COM, YOGYAKARTA – Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Ir Aziz Purwanto, M.Sc. resmi ditetapkan sebagai Guru Besar di bidang Ilmu Bioteknologi Tanaman Hias, Selasa (6/8), di ruang Balai Senat, Gedung Pusat UGM, Yogyakarta.

    Prof Aziz menyampaikan pidato pengukuhannya dengan judul Tanaman Hias: Fungsi dan Upaya Pemuliaan Menggunakan Bioteknologi.

    Dalam pidatonya ia menyampaikan ketertarikannya pada tanaman hias dimulai saat masih menjadi mahasiswa S-1 Fakultas Pertanian UGM. Saat itu, ia menawarkan tanaman kaktus yang beragam warna dan bentuk.

    Baca juga:Separoh Lebih Mahasiswa Baru Program Sarjana FEB UGM Dapat Beasiswa

    Setelah menjadi staf pengajar dan menempuh pendidikan master dan doktor di Faculty of Horticulture, Chiba University, Jepang, ia memutuskan untuk menjadikan tanaman hias sebagai objek berkarya.

    Tanaman hias, menurut Prof. Aziz, kini tidak hanya untuk mempercantik kebun, halaman rumah atau interior rumah. Tanaman hias kini sudah menjadi komoditas multifungsi.

    Fungsi pertama yang disebutkan olehnya adalah tanaman hias mampu menjadi penyeimbang dan penjaga ekosistem.

    “Layanan ekosistem berbasis tanaman hias berperan dalam kategori keamanan, kontak dengan alam, dan pengembangan hubungan sosial yang harmonis,” tuturnya.

    Selain itu, kata Aziz, tanaman hias dapat menetralisir udara dalam ruangan secara efisien dan mampu menciptakan kondisi suasana yang segar dan dapat dimanfaatkan sebagai unsur terapi dan bidang kesehatan.

    Tidak hanya sampai di situ, aktivitas menanam tanaman hias dikatakan mampu menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan membuat orang merasa lebih bahagia dan lebih santai.

    Baca Juga :   Youtuber Winson Reynaldi Dirujak Netizen, Parodikan Paus Fraksiskus Pakai Kursi Roda

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI