Antisipasi Cuaca Ekstrem, Sejumlah Petani Desa Sungai Batang Ikuti Sekolah Lapang Iklim

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA- Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Pertanian melaksanakan pertemuan kedua pra tanam Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Kelompok Tani Serasi, Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kamis (11/7/2024).

    Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam teknik budidaya dan pemilihan varietas yang sesuai dengan tipe lahan dan iklim yang memengaruhi di wilayah mereka.

    Melalui SLI ini, para petani diberikan pemahaman mendalam tentang pola cuaca dan iklim serta strategi adaptasi yang dapat diterapkan.

    Ini akan membantu mereka mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mengelola usaha tani, sehingga dapat meminimalisasi risiko akibat perubahan iklim.

    Kolaborasi antara pemerintah dan kelompok tani sangat penting untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

    Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Pertanian ini merupakan langkah nyata dalam mempersiapkan petani menghadapi tantangan iklim.

    Sebagai narasumber adalah dari BMKG, BSIP dan BPTH Kal-Sel.

    Turut hadir juga di acara ini adalah Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Bencana, Imelda Rosanty beserta Kasi dan staf, POPT dan Koordinator BPP beserta PPL Martapura Barat.

    Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Bencana Imelda Rosanty, menyampaikan harapannya agar SLI ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para petani.

    Baca Juga :   Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT, Ketua Bawaslu Balangan Soroti Pemilih Belum Punya e-KTP

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI