Gubernur Kalsel Sambut Langsung Kedatangan 320 Jemaah Haji Kalsel Kloter 1 di Asrama Haji

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU-Hari ini, Minggu (23/6/2024) siang, sejumlah 320 jemaah haji Indonesia Debarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar tiba di Banua.

    Sejak kemarin, Sabtu (22/6/2024), fase pemulangan jemaah haji Indonesia dimulai, termasuk kloter 1 Debarkasi Banjarmasin.

    Kedatangan mereka diterima langsung secara resmi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor di Aula Jedah, Asrama Haji Debarkasi Banjarmasin di Banjarbaru pada pukul 15.30 Wita.

    Pada fase pemulangan ini, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banjarmasin masih memprioritaskan layanan untuk jemaah haji Lansia, risiko tinggi (Risti) dan disabilitas.

    “Layanan pemulangan jemaah haji masih sesuai dengan tagline haji tahun ini, yakni Haji Ramah Lansia. Oleh karenanya, segala layanan prioritas yang kami laksanakan pada waktu keberangkatan tetap dilaksanakan di fase pemulangan ini,” kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd yang juga selaku ketua PPIH Debarkasi Banjarmasin, dikutup dari laman Kementerian Agama Kalsel.

    Tambrin menerangkan, alur layanan khusus untuk jemaah haji Lansia dimulai dari sejak kedatangan jemaah haji dari Bandara Syamsuddin Noor.

    “Sejak turun dari pesawat untuk jemaah haji Lansia, Risti dan Disabilitas sudah kita siapkan angkutan bus khusus dan mereka turun lebih dulu untuk dibawa ke asrama haji lebih awal,” katanya.

    Selanjutnya, setibanya di Asrama Haji jemaah haji Lansia tersebut langsung diistirahatkan di kamar khusus yang sudah disiapkan PPIH Debarkasi Banjarmasin serta disajikan makanan daerah yakni soto banjar.

    “Jadi, mereka tidak ikut acara seremonial penyambutan atau penerimaan kedatangan di aula Jedah seperti jemaah yang lainnya,” jelasnya.

    Bahkan, untuk pemulangan ke daerahnya pun mereka disiapkan mobil khusus oleh pemerintah daerah seperti waktu keberangkatan.

    “Bahkan semua barang bawaannya pun dibawakan langsung oleh panitia daerah,” tambahnya.

    Baca Juga :   Antisipasi Cuaca Ekstrem, Sejumlah Petani Desa Sungai Batang Ikuti Sekolah Lapang Iklim

    Tambrin berharap komitmen bersama dalam memberikan layanan yang terbaik bagi semua jemaah haji terkhusus yang Lansia, Risti dan Disabilitas ini dapat terus dilakukan bersama-sama dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemulangan ibadah haji.

    Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalsel, pemerintah daerah dan semuanya yang telah mendukung dan menyukseskan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Debarkasi Banjarmasin tahun ini. (berbagai sumber)

    Editor: Yayu

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI