Terkait Dana BOS di Banjarbaru yang Bermasalah, ICW: Tidak Tepat Dianggarkan Sebagai Belanja PBJ

    Diwartakan sebelumnya, menjadi catatan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Banjarbaru Tahun Anggaran 2022.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa realisasi belanja BOS Swasta untuk jenjang SD dan SMP sebesar Rp 6.330.529.822,00 (Rp 2.026.546.191,00+Rp 4.303.983.631,00) tidak dianggarkan dalam hibah, namun dicatat sebagai belanja barang dan jasa BOS.

    Dikutip dari LHP BPK RI atas LKPD Banjarbaru Tahun Anggaran 2022, perlakuan pencatatan ini dilakukan karena adanya kesepakatan bersama antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala BPKAD.

    Hal yang mendasari kesepakatan karena masih terdapat sisa anggaran untuk belanja barang dan jasa BOS sekolah negeri secara total, sehingga realisasi belanja BOS  SD/ SMP swasa dicatat sebagai bagian realisasi belanja barang dan jasa BOS Negeri.

    Untuk mencatat sebagai belanja hibah tidak dimungkinkan, karena tidak terdapat sisa anggaran belanja hibah. Kemudian pada Laporan Operasional (LO) Pemko Banjarbaru beban barang jasa tersebut telah dicatat sebagai beban hibah sebesar Rp 6.330.529.822,00.

    Kondisi tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah.

    BPK merekomendasikan Wali Kota Banjarbaru agar menginstruksikan  Kepala Dinas Pendidikan selaku penanggungjawab BOS lebih cermat dalam menyusun RKA SKPD sebagai dasar penyusunan APBD, terkait Belanja Hibah BOS Swasta.

    Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Dedy Sutoyo dikonfirmasi wartabanjar.com beberapa waktu lalu menjelaskan adanya temuan tersebut, pada saat pencatatan laporan di DPKAD, salah pencatatan. Lalu jadi temuan BPK.

    Baca Juga :   Tiga Pelajar dari 3 Kabupaten ini Wakili Kalsel ke Paduan Suara Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka Jakarta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI