Pemkab Balangan Tambah 2 Alat Peringatan Dini Banjir, di Sini Lokasinya

    WARTABANJAR.COM, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menambah pemasangan dua alat peringatan dini atau Early Warning System (EWS).

    Pemasangan EWS ini, untuk memaksimalkan penanganan dan antisipasi bencana banjir.

    Pemasangan alat EWS ini direncanakan di dua lokasi yaitu di Desa Mayanau Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Bata Kecamatan Juai.

    Sebelumnya BPBD Balangan telah melakukan kordinasi dan survei lapangan terkait rencana pemasangan alat EWS tersebut dan mendapatkan kesepakatan antara pihak pemerintah desa, masyarakat dengan BPBD Balangan.

    Kepala Pelaksana BPBD Balangan, Rahmi, mengatakan dua titik lokasi ini merupakan lokasi yang strategis untuk memasang alat EWS, karena pertemuan dua sungai yaitu sungai Pitap dan Balangan yang dapat memberikan indikator terhadap potensi bencana banjir.

    Baca juga: KPK Klaim Sudah Deteksi Keberadaan Harun Masiku

    “Dua alat ini merupakan dukungan dari Bupati Balangan serta pemenuhan sarana kebencanaan berupaya untuk tetap siaga terhadap potensi bencana banjir sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat banjir,” ujarnya dikutip wartabanjar.com Rabu (2/6/2024).

    Sebelumnya juga sudah ada dua alat EWS yang dibantu oleh provinsi melalui BPBD Kalsel.

    Mudah-mudahan alat EWS yang nantinya akan dipasang ini berfungsi dengan maksimal dengan dukungan dari kecamatan dan desa.

    “Alhamdulillah dari hasil survei pemerintah desa dan warga sangat mendukung dengan adanya pemasangan alat EWS ini. Kedepannya tentu akan kita kembangkan lagi ketitik-titik lainnya serta alat pendukung lainnya seperti pendeteksi longsor dan gempa,” tutupnya. (ernawati/mc)

    Baca Juga :   Rifky dan Anisa Semringah Sabet Gelar Nanang dan Galuh Banjar Kabupaten Banjar Tahun 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI