Perbaikan Kebocoran Pipa BPAM Banjarbakula di Sei Landas Masih Dilakukan

    WARTABANJAR.COM – Balai Pengelolaan Air Minum (BPAM) Banjarbakula menemukan kebocoran pipa transmisi air baku di area Sei Landas, desa Mandikapau, Kabupaten Banjar.

    Perbaikan segera dilakukan, meski tetap memperhatikan ketersediaan air bersih bagi pelanggan.

    Kepala BPAM Banjarbakula, Muhammad Berty Nakir mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengidentifikasi sambungan pipa transmisi GRP 1200 mm yang pecah.

    “Untuk memastikan pelanggan tetap dapat memperoleh air bersih selama proses perbaikan berlangsung, BPAM Banjarbakula bersama PTAM Intan Banjar mengambil inisiatif untuk membuka kembali pintu intake air baku milik PTAM Intan Banjar yang mengakses dari jaringan irigasi Riam Kanan,” kata Berty, Jumat (12/4/2024).

    Baca Juga

    Breaking News Penemuan Mayat Mengapung di Pintu Irigasi 

    Oleh karena itu, untuk dapat mengakses ini, BPAM Banjarbakula mengirim surat kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III sebagai regulator pemanfaatan air permukaan.

    “Pihak BWS Kalimantan III secara prinsip menyetujui kegiatan tersebut, dan tindak lanjutnya adalah pembukaan pintu intake di Pinus pada Senin, 8 April 2024, serta membuka valve jaringan pipa transmisi air baku jenis HDPE diameter 300 mm dari intake PTAM Intan Banjar untuk Water Treatment Plant (WTP)/Instalasi Pengolah Air 250 liter/detik,” ujarnya.

    Oleh sebab itu, dengan adanya akses intake milik PTAM Intan Banjar di IPA Pinus, maka PTAM Intan Banjar dapat mensuplai air sekitar 280 liter/detik, yang dimanfaatkan sebanyak 110 liter/detik oleh PTAM Intan Banjar dan sebesar 170 liter/detik oleh BPAM Banjarbakula untuk diolah oleh masing-masing Instalasi Pengolah Air.

    Baca Juga :   Video Penyergapan Pencuri Sepeda Motor di Jalan Pramuka Banjarmasin Viral

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI