Detik-detik Hercules TNI AU Terjunkan 3.200 Kg Bantuan di Gaza

    WARTABANJAR.COM, GAZA – Setelah beberapa hari menunggu perizinan untuk melaksanakan air drop, pesawat Hercules TNI AU C 130 J akhirnya dapat menerjunkan bantuan kemanusian di wilayah udara Palestina, Gaza, Selasa (9/4/2024).

    Bantuan kemanusiaan yang diterjunkan ini berupa bahan pangan sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kg, total 3.200Kg.

    Penerjunan dilakukan dengan metode low cost low altitude (LCLA). Pesawat berangkat dari King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36WIB) dan mencapai lokasi penerjunan Dropping Zone (DZ) di Gaza pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).

    Kemudian, pesawat Hercules C130 J (A-1340) dengan mission Commander Kol Pnb Noto Casnoto beserta 26 personel dengan mendarat dalam keadaan aman di King Abdullah II pada pukul 13.47 waktu setempat (17.47 WIB).

    Baca juga: Libur Lebaran, Ada Festival Balon Udara Mirip Turki di Wonosobo! Cek Tanggalnya

    Seusai pengiriman, pesawat segera bertolak kembali ke tanah air dengan rencana tiba tanggal 11 April 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma.

    “Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini,” ujar Komandan Misi Pengiriman Bantuan (Dansatgas) Kolonel Pnb Noto Casnoto.

    Pengiriman bantuan via udara ini merupakan hasil dari diplomasi dan hubungan baik antara Indonesia dengan negara – negara yang tergabung dalam “Solidarity Path Operation”.

    Di antaranya Jordania, Indonesia, Mesir, UAE, UK, Belanda, Prancis, Jérman, dan USA. (ernawati)

    Baca Juga :   Kemenkes: Kasus Malaria Turun, Tapi Tetap Waspada! Indonesia Kedua Tertinggi di Asia

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI