Pemkab Tanah Bumbu dan Kementerian Kominfo Tandatangani MoU Smart City

    WARTABANJAR.COM, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sepakat tandatangani nota kesepakatan Smart City.

    Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Tanah Bumbu, Al Husain Mardani mengatakan, nota kesepakatan tersebut terkait Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2024.

    “Ini dilaksanakan serentak oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo dengan 10 Kabupaten/Kota terpilih Tahun 2024,” kata Al Husain.

    Nota kesepakatan tersebut di lakukan secara virtual, Selasa (5/3/2024) di Command Center, Kantor Bupati Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

    Adapun 10 Kabupaten/Kota terpilih tersebut yakni Kabupaten Tanah Bumbu, Bangli, Bone Bolanga, Gianyar, Pekalongan, Purbalingga, Serang. Untuk kota yakni Banjar, Parepare, dan Solok.

    Program Gerakan Menuju Kota Cerdas ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota/Kabupaten dalam upaya mengimplementasikan Smart City.

    Program ini kerjasama Kementerian Kominfo dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Pariwisata, dan Kantor Staf Presiden.

    “Gerakan ini tujuannya untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city,” ujarnya.

    Pada Tahun 2024, Ditjen Aptika Kementerian Kominfo akan melakukan pendampingan penyusunan masterplan smart city bagi 10 (sepuluh) kota/kabupaten yang telah terpilih melalui proses penilaian (assessment) yang telah di lakukan pada Tahun 2023. (Didi)

    Baca Juga :   BKKBN Kalsel Apresiasi Langkah Proaktif Pemkab Balangan Tekan Kasus Stunting

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI