Kawal Program Prioritas Nasional, Pemprov Kalsel Tingkatkan Peran APIP Lakukan Pengawasan

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sangat penting untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemeritahan yang jujur, bersih, akuntabel dan transparan.

    Terutama dalam rangka mengawal program prioritas nasional agar berjalan sesuai dengan harapan dan target yang telah ditetapkan.

    “Sehingga kita harus bersama-sama dalam meningkatkan koordinasi dan sinergi untuk senantiasa mengawal pelaksanaan program prioritas nasional di daerah,” kata Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar pada Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Selasa (21/11/2023).

    Roy menginginkan, dari Rakorwasda dapat dijadikan langkah strategis dalam peningkatan kinerja pengawasan di tingkat pemerintah daerah.

    “Hal ini sebagai upaya nyata untuk memaksimalkan pencapaian target-target kinerja pembangunan kedepannya dan peran APIP harus efektif dan andal dalam perbaikan tata kelola, penerapan manajemen risiko yang efektif serta memberikan peringatan secara dini apabila terindentifikasi adanya potensi penyimpangan,” ungkap Roy.

    Disisi lain, visi pembangunan daerah, yaitu Kalsel Maju sebagai Gerbang Ibu Kota Negara. Salah satu inti dari pembangunan daerah adalah pemerataan hasil pembangunan agar dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

    “Marilah kita tingkatkan koordinasi dan sinergi dalam mewujudkan visi pembangunan daerah, khususnya terkait pengawasan pelaksanaan program prioritas daerah dan ada beberapa isu penting terkait pengawasan yang harus diperhatikan, seperti masih ditemukannya temuan yang bersifat berulang dan rutinitas, pengelolaan risiko di SKPD yang belum optimal, Implementasi SAKIP yang kurang optimal, kapasitas APIP yang perlu ditingkatkan dan lainnya,” jelas Roy.

    Baca Juga :   Diduga Tabrakan Beruntun di Desa Panggung Kabupaten Tanah Laut

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI