Antisipasi Cuaca Ekstrem, Gubernur Kalsel Keluarkan Surat Edaran

    WARTABANJAR.COM – Antisipasi bencana hidrometeorologi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengeluarkan Surat Edaran Nomor 300.2.3/ 128 /BPBD/2023 tentang Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir, cuaca ekstrem, longsor, dan gelombang pasang di Provinsi Kalsel Tahun 2023/2024.

    Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), awal musim hujan 2023/2024 di Zona Musim (ZOM) Kalsel berkisar antara awal November sampai dengan akhir November 2023.

    Diprediksi musim hujan tahun 2023/2024 di seluruh Kalsel memasuki puncak hujan di ZOM Kalsel pada bulan Januari 2024.

    Periode peralihan musim ini perlu diwaspadai cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan potensi hujan es yang bisa terjadi pada periode tersebut.

    Baca Juga

    Breaking News Temuan Pria Tak Bernyawa di Kamar Hotel di Banjarmasin

    “Edaran ini kita keluarkan berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam Press Release Prakiraan Musim Hujan Tahun 2023/2024,” ucap Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Minggu (5/10/2023).

    Dalam rangka upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana pada musim penghujan berupa potensi bencana banjir, cuaca ekstrim, longsor, dan gelombang pasang di wilayah Kalsel, pemerintah melakukan koordinasi kepada bupati/walikota se-Kalsel.

    “Kepada masyarakat Kalsel khususnya yang berada di daerah rawan bencana dihimbau agar meningkatkan kesiapsiagaan dengan melaksanakan langkah-langkah mencari informasi tentang wilayah rawan bencana di sekitarnya dengan mengakses peta risiko bencana yang disiapkan pemerintah daerah,” lanjut Sahbirin Noor.

    Baca Juga :   Cuti Pilkada, Empat Pjs Bupati dan Wali Kota Dikukuhkan Gubernur Kalsel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI