Kabupaten Banjar Masih Banjir, BPBD Buka Dapur Umum di Sejumlah Desa

    WARTABANJAR.COM, BANJAR- Tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari ini membuat ketinggian air naik di sejumlah desa terdampak banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

    Melihat situasi yang berubah-ubah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar berinisiatif membuat dapur umum untuk didistribusikan ke warga.

    “Kegiatan dapur umum dimulai sejak pagi hari. Persiapan bahan-bahan dan kelengkapan peralatan dilakukan sehari sebelumnya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita, Jumat (17/3/2023) siang.

    Dikutip Sabtu (18/3/2023), pihaknya menyediakan 280 bungkus nasi untuk dibagikan ke masyarakat yang terdampak banjir hingga tiga hari ke depan sejak Jumat kemarin. 

    “Pembagian dilakukan ke beberapa desa terdampak banjir yaitu ke Sungai Rangas Hambuku dan Tanjung Rema tepatnya di Gang Aman yang dilakukan oleh posko tanggap darurat,” ujarnya.

    Selain dapur umum, BPBD juga melakukan pendistribusian air bersih ke desa terdampak banjir seperti Desa Jawa Laut, Tunggul Irang dan Bincau.

    Kegiatan ini menggunakan 1 unit truk tangki 5.000 liter yang menyuplai ke tandon 1.200 liter yang telah disediakan. 

    Kegiatan rutin yang selalu dilakukan posko tanggap darurat adalah memantau ketinggian air dan juga membantu mobilisasi masyarakat menggunakan speedboat di Desa Tunggul Irang. (bjr)

    Editor: Yayu

    Baca Juga: Dua Hari Lagi TV Analog Wilayah Kalsel 1, Banjarmasin, Banjarbaru, Batola Dimatikan

    Baca Juga :   8 Rumah di Dua RT di Alalak Tengah Hangus Terbakar

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI