Longsor di Satui Meluas, Mobil Penumpang Tetap Jalan Al Munawar dan Roda Enam Lewat Simpang Empat Sumpol

WARTABANJAR.COM, SATUI – Terjadi longsor di Jalan Provinsi Km 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui Tanah Bumbu, sekitar 09.45 Wita pada Jumat (7/10). Sebelumnya juga terjadi pergerakan tanah pada Rabu (27/10) lalu.

Kini longsor meluas.

Kapolres Tanah Bumbu, AKPB Tri Hambodo melalui Kasi Humas, AKP H Made Rasa mengatakan, saat ini diketahui luasan longsor telah mencapai lima meter di badan jalan, sehingga luas badan jalan yang tersisa hanya selebar sekitar kurang dari satu meter.

Longsoran diketahui telah mendekati tiang listrik, dengan jarak antara titik longsor dan tiang listrik sekitar 1,5 meter.

“Terpantau Tanah penyangga badan jalan terus menerus mengalami pergerakan,” kata AKP H Made Rasa kepada wartabanjar.com.

Dia juga mengatakan, arus lalu lintas sebagian kendaraan diatas Roda empat dialihkan ke jalan alternatif.

Meluasnya Longsor diakibatkan tekanan beban dari Kendaraan yang melintasi titik jalan tersebut, sehingga tanah di dinding badan jalan terus mengalami pergerakan.

Kondisi Hujan yang melanda Kecamatan Satui dalam beberapa hari terakhir membuat melunaknya tanah penahan Jalan sehingga mempercepat terjadinya longsor.

Polsek Satui telah menurunkan personel lengkap untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas dan mengalihkan beberapa kendaraan ke jalan alternatif.

Kendaraan Roda empat keatas kiranya dialihkan ke arah jalan alternatif. Pihaknya juga melakukan kordinasi dengan Pihak PLN untuk segera mungkin mengambil tindakan untuk mengantisipasi gangguan arus listrik.

“Penguatan personel dari Polres Tanah Bumbu dibantu instansi terkait guna memperlancar arus lalu lintas. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan perbaikan jalan alternatif karena saat ini jalan alternatif masih belum layak dilintasi oleh kendaraan roda empat,” jelasnya.

Dia menjelaskan, petugas mengarahkn unit roda empat jalur alternatif tembus Gang Munawar dan roda enam ke atas tembus simpang empat Sumpol, begitu sebaliknya.

Baca Juga :   Pengurus SOina Banjarbaru dilantik, Begini Harapan Wakil Wali Kota

Petugas juga mengarahkan roda dua lewat Jalan Provinsi 171 dan dalam pengawasan personil Polri.

“Terus kami lakukan pemantauan dan Perbaikan jalan ternatif yang rawan amblas,” imbuhnya.

Pihaknha menghindakan terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan menghimbau kepada sopir uuntuk menyalakan lampu pada saat melintas di Jalan Holulin di Jalan HB Putra.

“Patroli mobile untuk memastikan perjalanan masyarakat tidak ada hambatan saat melintas di jalan alternatif,” tutup AKP H Made Rasa. (Has)

Editor : Hasby

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI