Sambut HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kota Banjarmasin, BPKPAD Diskon Denda PBB

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Kabar gembira bagi warga Kota Banjarmasin yang menunggak pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Pemerintah Kota Banjarmasin akan memberikan diskon denda dengan kisaran 5 hingga 30 persen.

Pemberian diskon denda PBB itu, dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI 17 Agustus 2022 dan Hari Jadi (Harjad) ke-496 Kota Banjarmasin yang jatuh pada 24 September 2022.

“Program ini baru pertama dilakukan dalam kepemimpinan saya,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin, Edy Wibowo, Jumat (12/8/2022).

Baca juga:

Viral, Pengunjung RM Ayam Panggang Ma Haji Adu Mulut Diduga Gara-gara Rebutan Meja

Dia mengungkapkan, masih banyak warga Banjarmasin yang menunggak pembayaran PBB, berdasarkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) yang diterbitkan BPKPAD yang kerap terlewatkan alias tidak sampai ke masyarakat.

Menurut Edy, ada kemungkinan SPT melalui kecamatan lalu ke kelurahan kemudian kepada RT diserahkan kepada warga bersangkutan terlewat, sehingga tidak terbayar.

“Tidak hanya masyarakat biasa, keterlambatan pembayaran PBB juga terjadi pada pengusaha,” ujarnya.

Melihat potensi Pendapatan Asli Daerah dari sektor PBB, kata Edy, untuk tahun ini sebenarnyja bisa Rp 35 miliar.

Namun, lanjut dia, hingga saat ini realisasinya baru sekitar 50 persen.

Menurut Edy, pihaknya sudah berusaha jemput bola dengan melakukan layanan mobil keliling di kawasan siring Menara Pandang setiap akhir pekan selama Agustus.

“Tujuannya untuk memudahkan masyarakat yang ingin membayar PBB. Pada akhir pekan kawasan tersebut ramai, sehingga warga tertarik untuk membayar PBB. Dan memang, masyarakat cukup antusias,” paparnya.

Berdasarkan data pelayanan mobil keliling, kata Edy, sejak dibuka pada awal Agustus tadi, sudah terkumpul Rp 2 juta lebih. Padahal aktif hanya di akhir pekan.

Baca Juga :   Tiga Hari Lagi PSU Pilwali Banjarmasin, ASN di 3 Kelurahan Diberi Kelonggaran Jam Kerja

Terkait program pengurangan denda PBB dalam momentum HUT RI dan Hari Jadi Kota Banjarmasin, Edy mengatakan, untuk pelaksanaannya masih dibahas dalam rapat untuk menentukan kapan dimulai.

“Nanti dibahas juga kriteria untuk menentukan besarannya,” ujarnya. (edj)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI