Pemko Banjarmasin Akan Bangun Jalan Layang di Atas Sungai Veteran, Begini Rancangannya


WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berencana membangun jalan layang di atas Sungai Veteran.

Jembatan tersebut, akan dirancang dengan metode pondasi khusus di Sungai Veteran.

Dalam rancangan tersebut, jembatan ini nantinya memiliki lebar tujuh meter.

“Ini sebuah jalan berbentuk jembatan, atau jalan layang, dengan lebar tujuh meter,” ujar Plh Wali Kota Banjarmasin H Mukhyar di Banjarmasin, Kamis.

Pembangunan akan menggunakan teknik pondasi pileslab yang merupakan struktur pondasi yang ditumpu oleh sistem kelompok tiang pancang dan diikat oleh “pile cap” yang digunakan untuk menahan dan meneruskan beban dari struktur atas ke dalam tanah yang mempunyai daya dukung untuk menahannya.

Pemko Banjarmasin, kata dia, merancang pembangunan jembatan layang di atas sungai ini dari Tampekong atau depan Jalan Veteran di Jalan Piare Tender hingga ke Jalan Simpang Ulin.

“Setelah itu berhasil itu dilanjutkan lagi nantinya,” kata Mukhyar.

Menurut dia, rancangan jalan layang itu sebagai langkah normalisasi Sungai Veteran tersebut, sehingga pemukiman di seberang Jalan Veteran yang dibatasi sungai memiliki jalan alternatif.

Saat ini, ujar Mukhyar, Sungai Veteran sedang dinormalisasi, selain pengerukan dan pelebaran, juga ditertibkan bangunan bangunan di atasnya.

“Sungai ini sempat lama mati karena tertutup bangunan, kini sudah bisa dibuka, pemerintah kota berupaya menghidupkannya lagi untuk kanal banjir,” terangnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali, mengapresiasi gerak cepat pemerintah kota yang membentuk satgas normalisasi sungai pascabanjir. Hingga sangat serius untuk menormalisasi Sungai Veteran salah satunya.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini